Langsung ke konten utama

Unggulan

Dicari, Pemain Bola Berkarakter Kuat dan Tangguh bersama Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022

Pemukiman padat identik dengan anak-anak bermain pada sore hari cerah.  Pekik riang mereka tak bisa diredam oleh situasi yang tak stabil.  Harga-harga barang boleh melonjak, resesi mengancam, politik bisa bergejolak.  Namun tiada yang bisa menghentikan tawa riang mereka.   Mungkin hanya pandemi kemarin yang sempat membuat suasana senyap sementara.  Setelah virus mulai mereda, kegembiraan mereka kembali menyeruak di antara tembok-tembok perumahan. Pemukiman menjadi sunyi jika tak ada bocah seliweran. Permainan yang paling sering dilakoni anak-anak, terutama pria, adalah sepak bola. Entah itu di gang sempit atau perumahan dengan lapangan luas, si bundar selalu mampu menerobos lingkungan warga. Melalui tendangan kaki atau sundulan bola, para bocah itu menunjukkan kreativitasnya mengiring bola hingga sulit direbut lawan. Sepak bola sudah menjadi olahraga favorit di tanah air. Setiap pertandingan kejuaraan mulai dari kelas lokal hingga global, dipenuhi penggemar fanatik. Klub-klubnya berteb

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dan Bisnis Kelas Online




Sejak pandemi merebak lebih dua tahun, webinar atau seminar kelas online jadi kegiatan ekstra selama di rumah. Kalau dulu kita mengikuti seminar pada lokasi tertentu, bertemu banyak orang, serta disuguhi berbagai kudapan, maka selama karantina massal kegiatan tersebut jadi kenangan yang untuk sementara dipendam.


Hari ini, walaupun pandemi belum usai, tapi pertemuan dan kegiatan onsite sudah mulai normal. Sekolah-sekolah, kantor, dan fasilitas umum telah dibuka. Meskipun tetap mengandalkan prokes, kerumunan dan keramaian diizinkan kembali.


Apakah webinar sudah tamat riwayatnya? Nggak juga. Tawaran webinar masih banyak berseliweran di medsos, termasuk yang gratis. Peminatnya pun  berjibun.  Temanya beragam dengan narasumber dari berbagai disiplin ilmu. 


Boleh juga manfaat kegiatan ini. Selain memperoleh ilmu, webinar bisa menambah teman, relasi, serta e-sertifikat untuk peserta.


Namun, ada orang jeli yang melihat peluang bisnis dari menjamurnya kegiatan ini. Kalau dulu gratisan, sekarang mulai bermunculan webinar atau kelas online berbayar yang memberikan fasilitas berbeda.


Bagi pejuang bisnis ini, tinggal dirumah dengan kegiatan terbatas, justru menjadi kesempatan untuk memperoleh penghasilan. Pandemi merubah banyak rutinitas, termasuk studi mandiri dari rumah atau metode pembelajaran jarak jauh.


Dengan penggabungan antara sistem online dan tatap muka dibantu teknologi, peserta bisa belajar dari bersama, walaupun berasal dari lokasi dan zona waktu berbeda.  Modalnya cuma jaringan internet dan gadget dengan aplikasi yang mumpuni.


Namanya juga berbayar, sediakan dulu isi kocek. Harga kelas online ini  beragam, umumnya hanya beberapa ratus ribu, tapi ada yang sampai jutaan. Materi pelajaran disediakan panitia dan narasumbernya adalah orang-orang yang sudah punya karya mumpuni. Sayang, kan kalau ikut kelas online berbayar, tapi nggak jelas siapa jadi pengajarnya.  



Sudah dibayar begitu, apa saja benefit yang bisa diperoleh dari kelas online?


Sekali waktu, saya pernah melihat iklan kelas online dengan narasumber yang oke punya, seorang figur yang sudah punya karya kinclong di tanah air.  Bandrol harganya masih aman, jadi langsung saja ikutan daftar.


Namanya berbayar, tentu ada benefit diperoleh peserta yang berbeda dari webinar gratis, seperti :


Jadwal belajar lebih dari satu hari

Beda dengan webinar gratis yang dijadwalkan hanya 2 - 3 jam dalam satu hari saja, kelas online berbayar diselenggarakan dengan jadwal beberapa hari.  


Sebelum mendaftar, calon peserta sudah diberitahu jadwal-jadwal kelas yang diselenggarakan, termasuk materi yang akan dipelajari. Jadi, bisa dipikir-pikir dulu, cocok nggak ikut kelas ini?


Narasumber

Kelas berbayar menghadirkan narasumber yang sudah punya nama dan karya yang cemerlang.  Senang, kan, kalau selama ini orangnya cuma kita lihat melalui media, sekarang dengan bantuan teknologi jadi bisa langsung mengobrol dengan mereka. Ada kesempatan bertanya tentang karya-karyanya.


Peserta dan narasumber juga boleh diskusi melalui medsos, karena kita berada dalam satu grup yang sama. Cuma, admin pakai aplikasi yang bisa menyembunyikan nomor hape. Tahu, kan, apa alasannya?  Tapi, itu bukan masalah, yang penting bisa belajar bersama.



Materi pembelajaran

Peserta tidak hanya memperoleh materi pembahasan yang berbentuk tulisan, tapi juga rekaman video. Rekaman video ini sifatnya eksklusif karena nggak akan ditemukan di medsos.  Peserta dilarang membagikan link-nya ke luar dari grup keanggotaan.


Jadi, kalau misalnya jadwal belajar bersamaan dengan jam kerja atau sekolah, peserta nggak perlu kuatir karena disediakan rekaman videonya.  Mereka yang berhalangan hadir bisa ikut belajar dari rekaman tersebut.


Kalau ada pembelajaran yang membingungkan, peserta bisa saling berdiskusi di grup. Seru juga pokok bahasannya, walaupun kita hanya bertemu di grup medsos.  Banyak yang berani mengutarakan pendapat, tanpa adu debat. Saking ramainya, pada jam tertentu, admin terpaksa mengunci grup supaya senyap dan yang lain bisa beristirahat.


Hemat biaya dan waktu

Karena pembelajarannya dari rumah, peserta bisa lebih hemat biaya untuk transportasi ataupun biaya makan. Waktunya juga lebih banyak, karena tidak perlu banyak persiapan untuk bepergian, cukup duduk manis di rumah.


Sebenarnya, nggak ada yang 100% bebas biaya, karena peserta harus menyediakan kuota internet.  Ya, anggap saja kuota ini pengalihan dari biaya lain yang seharusnya dikeluarkan kalau ikutan seminar onsite.  Mungkin beda-beda sedikitlah.


Walaupun nyaman ikut kelas online karena peserta nggak perlu bepergian, tapi ada juga kekurangannya.  Peserta nggak bisa bertemu langsung dengan narasumbernya yang notabene sudah punya prestasi dan karya membanggakan. Pingin juga ngobrol, foto bareng, atau minta tandatangan dengan sang figur, tapi semua keinginan terhalang jarak.


Walaupun nggak bertemu langsung, tapi bisa belajar dengan sosok yang berprestasi saja sudah senang.  Karena sekarang telah ada gadget dan jaringan internet, kita nggak perlu lagi lama menunggu kedatangan figur yang bersangkutan ke tempat domisili. Teknologi  memungkinkan orang-orang dari beragam lokasi bisa berkomunikasi langsung.



Walaupun berkomunikasi dengan wajah diselubungi kota-kotak di layar gadget, persis paket yang sering dibawa Pak Kurir.  


Kriteria ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) untuk Bisnis Kelas Online

Senang juga kalau ikut kelas online di lain waktu dengan laptop yang lebih oke. Selain nyaman menatap layarnya, gadget tersebut juga nggak ngadat-ngadat karena sudah punya konektivitas yang stabil. Pokoknya seperti laptop canggih yang banyak beredar di pasar sekarang, bisa membuat konsumen berbinar-binar melihatnya.


Kemarin sempat membaca artikel laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), yang baru diluncurkan pada 8 Juni 2022 lalu. Dirancang untuk belajar dan bekerja, laptop ini cocok untuk orang-orang yang bekerja di dunia pendidikan, seperti siswa/mahasiswa serta guru/dosen. Berarti laptop ini cocok untuk individu yang sering ikutan kelas online.


Penampilannya benar-benar oke, ramping dan ringan dengan warna berkelas. Dengan tampilan demikian, laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) mudah dibawa bepergian untuk belajar ataupun bekerja di luar ruangan. 


Kalau tampilan memikat, lantas gimana dengan keunggulan perangkat yang ditanamkan di dalamnya?


Berikut keunggulan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)  :


Konektivitas 4G LTE Super Kencang

Kebayang nggak, lagi serius menyimak materi kelas online, tiba-tiba sinyal terganggu? Sinyal wifi ngadat, sering membuat kita keluar masuk room. Memang nggak mengganggu kegiatan pembelajaran bagi peserta lain, tapi konsentrasi kita langsung buyar. Sibuk bolak-balik masuk kembali.


Keuntungan menggunakan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah gadget ini sudah diperlengkapi dengan konektivitas 4G LTE, artinya perangkat bisa menggunakan konektivitas selular (mobile) melalui kartu SIM.  Jadi, nggak perlu lagi mengandalkan jaringan wifi.



Lebih kencang ya, jaringan mobile daripada wifi?


Dulu orang lebih suka menggunakan jaringan wifi karena dianggap lebih kencang dari mobile.  Karena itu, banyak yang nongkrong di kafe untuk  menggunakan wifi-nya, sekaligus bersantai. Wifi dianggap lebih melesat untuk menyusuri dunia maya. Lumayan, kan, bisa nongkrong sambil menikmati keleluasaan berselancar alam digital.


Akan tetapi, sekarang anggapan ini mulai memudar seiring konektivitas mobile mulai melejit, dari 2G, 3G, 4G, hingga 5G. Perlahan, anggapan kalau kecepatan wifi lebih kencang, ditinggalkan.


Berdasarkan survey dari opensignal.com yang dirilis pada Desember 2021, jaringan selular Indonesia sudah lebih baik dari wifi. Pengunduhan data dengan menggunakan 4G rata-rata 16,3 Mbps, yaitu 25% lebih kencang daripada wifi publik atau pribadi.


Ketersediaan 4G di Indonesia juga terus membaik, yaitu melampaui 90% pencapaian di semua operator. Layanan mobile yang tersedia di Indonesia sudah kecepatan melesat, dengan jangkauan daerah yang lebih luas, dibandingkan wifi. 


Jaringan mobile mulai berlari cepat meninggalkan wifi. Kalau sudah begini, suatu hari nanti mungkin nggak akan terdengar lagi pertanyaan pada waitress kafe.  "Kak, password wifi-nya apa?"


Tampilan Gadget Convertible


Belajar kelas online identik dengan berbagi informasi melalui papan keyboard. Jari-jari kita jadi rajin menari sambil mengukirkan kata-kata bermakna yang dipahami oleh rekan-rekan lain.



Mungkin sesekali rindu dengan masa-masa menulis tugas ala konvensional, yaitu dengan pena dan buku tulis. Asyik juga kalau bisa menggunakan gadget seperti buku tulis.


ASUS Expert B3 Flip (B3402) memungkinkan pengguna menulis seperti di buku tulis. Kalau dibuka penuh, maka laptop ini bisa menjadi mode tablet. Nah, dengan mode tablet ini, gadget bisa digunakan seperti  catatan. Kok bisa? Laptop ini sudah dilengkapi dengan touchscreen dan stylus (seperti pena), yang digunakan untuk corat-coret layaknya di kertas.


Stylus ini tersimpan di bodi laptop, sekaligus tempat pengisian daya secara otomatis. Laptop punya perangkat khusus yang berfungsi mengisi daya stylus, sehingga tak perlu mengganti baterai secara berkala.  Lumayan, untuk pengisian daya selama 15 menit, pena ini dapat digunakan selama 45 menit.


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) disebut juga convertible dengan layar bisa dibuka sampai 360°. dalam posisi demikian, layar dan badan laptop seperti berbentuk tenda yang berdiri pas di meja. Jadi, pengguna bebas memilih posisi laptop saat beraktivitas.


Sertifikat Uji Ketahanan Standar Militer

Apa nih, kok laptop pakai standar militer? Maksudnya laptop dibanting, ditembak, atau gimana?


Begitu pikiran saya ketika membaca spesifikasi ASUS Expert B3 Flip (B3402). Kebingungan ini terjawab ketika saya membaca penjelasan dari salah satu artikel terkait.



Uji ketahanan standar militer pada laptop, berfungsi untuk mengukur daya tahan ketika perangkat diangkut ke lapangan. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah laptop bisnis yang pas untuk dibawa ke luar ruangan, termasuk saat mengikuti kelas online.


Selama perjalanan, pengguna mungkin dalam situasi terburu-buru atau berdesakan karena menggunakan transportasi umum. Dalam situasi demikian, segala kemungkinan bisa terjadi.


Laptop tersenggol dan kemudian terjatuh, atau tertindih dengan barang-barang bawaan. Benturan keras bisa menyebabkan kerusakan pada bodi laptop, termasuk data yang tersimpan di dalamnya.


Untuk mencegah kejadian yang yang tak diinginkan, maka ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) perlu diuji menurut standar keamanan militer.  


Pengujian laptop dilakukan pada kondisi ekstrem seperti daya tahan pada temperature dan tinggi, suhu ekstrem serta kelembaban udara tinggi, hingga ujian terhadap penggetaran dan benturan.


Selama pengujian di atas, laptop dalam kondisi menyala dan diuji ketahanannya. Uji standar ketahanan militer menjadi jaminan  kualitas ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), yang tahan terhadap benturan keras dan cuaca ekstrim. Dengan demikian, laptop ini bisa dibawa bepergian dalam keadaan aman.


Anti-Spill Keyboard

Menyenangkan kalau bisa mengikuti kelas online di luar sambil ngemil. Apalagi di kafe, dengan off camera, bisa pesan cake lengkap dengan segelas lemon tea. Asyik, kan menyimak materi sambil mengudap hidangan favorit.



Cuma, gimana kalau terlalu serius ikut kelas, tiba-tiba minumannya tersenggol dan isinya mendarat mulus di atas keyboard laptop?  Keyboard langsung berantakan dan bisa mempengaruhi memori dalam laptop.


Karena itu ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang sudah dilengkapi dengan fitur anti-spill keyboard, memungkinkan kita sempat mencegah tumpahan makanan atau minuman masuk ke sistem utama laptop. Ketika terjadi insiden, dengan anti spill keyboard kita masih punya waktu untuk menyimpan data dan men-shutdown laptop.


Setelah semua aman dan pengguna laptop lebih tenang, perangkat sudah bisa dibersihkan dan pastikan lagi kalau semua data dan sistem tetap aman.


Lapisan ASUS Anti Bacterial

Sering ngemil sambil menggunakan laptop?  Kayaknya nyambung ketak-ketik sembari menikmati kukis favorit. Biar nggak terlalu kaku karena banyak pekerjaan yang mau dituntaskan. Mengudap bisa buat semangat tetap stabil dan nggak jenuh menyelesaikan tugas.


Cuma, hati-hati saja. Remah-remah cemilan sering menyangkut di bagian keyboard laptop. Selain bisa mempengaruhi perfomanya di kemudian hari, sisa-sisa makanan itu akan jadi sarang bakteri.  


Menurut penelitian yang dilakukan perusahaan IT CBT Nuggets, dalam keyboard laptop ada sekitar 3,5 juta bakteri. Jumlah ini lebih banyak 20.00 kali daripada bakteri di dudukan toilet.


Asal bakteri itu beragam, mulai dari tangan kita sendiri yang kotor, debu berseliweran, hingga sisa makanan yang nyangkut saat ngemil.  Untuk menjaga kesehatan, maka disarankan mencuci tangan setelah menggunakan laptop.




Keyboard ASUS ExpertBook B3 Flip sudah diperlengkapi dengan lapisan ASUS Anti Bacterial, yang diakui secara internasional dan mendapatkan standard ISO 22169. Perangkat ini terbukti mampu menahan laju pertumbuhan bakteri hingga 99% dalam waktu 24 jam.


Oya, walaupun ada lapisannya, menjaga kebersihan keyboard sebaiknya tetap rutin dilakukanAda bermacam cara untuk membersihkannya, seperti menggunakan alkohol. cairan pembersih, serta cairan hypochlorous. Nah, lapisan ASUS Anti Bacterial mampu bertahan dari berbagai jenis cairan tersebut, sehingga keyboard tetap aman walau sering dibersihkan.


Melindungi Mata dengan Fitur Eye Care

Mengikuti kelas online minimal perlu waktu dua jam, yang artinya mata harus betah menatap layar laptop selama durasi tersebut. Itu belum termasuk mengerjakan tugas atau menonton ulang rekaman pembelajaran.


Terlalu lama menatap layar gadget bisa mempengaruhi kesehatan retina. Mata pun cepat lelah. Pada laptop ada sinar biru (blue light) yang selain mengganggu retina, juga menyebabkan pengguna gadget susah tidur.  Karena itu disarankan agar mematikan gadget sekitar 30 menit sebelum terlelap.


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) telah memberikan solusi untuk meminimalisir dampak sinar biru pada pengguna gadget. Layar laptop sudah diperlengkapi dengan fitur Eye Care yang mampu mengurangi dampak sinar biru pada kesehatan retina, yaitu dengan mengubah pemcahayaan layar menjadi sinar biru yang rendah.



Fitur Eye Care pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B340) sudah mendapat sertifikasi TUV Rheinland. Sertifikasi dari TUV Rheiland labolatories menjadi andalan karena lembaga ini menyediakan jasa sertifikasi global, untuk jasa teknis, keamanan dan tingkat pencahayaan yang rendah.


Laptop dengan Kapasitas Anti Lemot

Di kelas online, peserta banyak menerima materi, mulai dari yang berbentuk file hingga rekaman video.  Itu baru dari kelas online, belum file dari rutinitas lain, seperti sekolah atau pekerjaan.


Namanya belajar atau kerja, kita dapat file berisi tugas atau  ebook. Ada lagi foto-foto atau video masa liburan. Apalagi di zaman digital sekarang, terkadang kita meng-download file dari internet.


Laptop masa kini seperti brankas yang menyimpan semua dokumen pengguna. Setiap hari ada saja file baru yang kita muat di dalamnya.  Nggak masalah kalau gadget itu masih mampu menampung. Kalau sudah berlebihan, dia jadi lemot dan telmi, alias telat mikir.  Lama loadingnya.


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah mengantisipasi problem ini dengan menanamkan prosesor 11th Gen Intel Core yang juga perlengkapi oleh chip grafis terintegrasi Intel Iris Xᵉ Graphics. Ada lagi memori DDR4 dengan kapasitas sampai 16GB yang masih bisa di-upgrade, dan penyimpanan berupa PCIe SSD 3.0 berkapasitas sampai 1TB. 


Jadi, lemot karena kapasitas yang sedikit, bisa diatasi dengan kapasitas memori yang besar dan masih mampu diupgrade. Pengguna juga bisa bekerja secara multitasking karena boleh membuka sekaligus beberapa aplikasi, tanpa kuatir ada gangguan. Yap, bisa makin produktif.


Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics



Teknologi Two Way AI Noise-Concellation

Ada orang yang harus belajar dengan suasana tenang, sebaliknya ada yang suasana heboh pun dia masih bisa konsentrasi. Setiap orang berbeda-beda karakter.


Karena itu sebagian peserta kelas online sering mencari suasana baru dengan ikut kelas di luar rumah. Dengan suasana yang agak ramai, justru dia jadi tambah semangat belajar. Tapi, bagaimana jika kelas ada materi diskusi, yang mewajibkan peserta untuk unmute?


Kebayang, kan, suasana yang ramai bisa mengganggu jalannya diskusi.


Untuk mengatasinya, sekarang ada teknologi Two Way AI Noise-Concellation.  Fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) ini berfungsi untuk meredam kebisingan antara narasumber dan lawan bicara secara real time.  


Fitur ini bisa membedakan antara suara pengguna dan suara tidak penting di sekitarnya. Jadi, laptop mampu menyaring mana yang ditampilkan pada komunikasi antara kita dan lawan bicara. Karena penyaringan dari fitur ini, pembicaraan antar kedua pihak terdengar jelas melalui laptop.


Kamera Tajam Walaupun dalam ruangan Minim cahaya


Pernah mengalami pemadaman bergilir?


Beberapa tahun yang lalu di daerah saya berdomisili, terjadi pemadaman bergilir. Katanya, ada masalah dengan instalasi pembangkit listrik. Nggak peduli pagi, siang, sore, malam, setiap kecamatan terkena pemadaman bergilir selama 3 - 4 jam perhari. Lumayan juga, warga gelap-gelapan sampai berbulan-bulan.


Gimana pas ada kelas online malam hari, tiba-tiba listrik padam, padahal sebentar lagi mau presentasi tugas?


Kalau masalah jaringan sudah aman, kan, sudah pakai 4G LTE yang nggak lagi memerlukan jaringan wifi yang terhubung dengan listrik. Konektivitas sudah kencang dari jaringan mobile.


Tapi, bagaimana kalau kita harus on camera? Apa bisa gambarnya jelas kalau pencahayaannya cuma lilin atau emergency lamp?


Pada pencahayaan minim, noise gambar yang berupa bintik-bintik, akan muncul dan mengurangi ketajaman gambar. Gambar layar jadi terlihat buram pada lawan bicara di seberang.




Untuk mengatasi problem tersebut, dalam laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah ditanamkan 3D Noise-Reduction (3DNR). Dengan teknologi ini, gambar pada ruangan minim cahaya bisa terpantau lebih jelas. Kamera bisa membedakan antara gambar benar dan noise gambar (bintik-bintik).


Tampilan lebih jelas akan terlihat pada lawan bicara.


Bicara tentang gambar tajam, karena dirancang untuk belajar serta bekerja, dalam laptop ini telah  tertanam dua kamera. Letak kamera pertama sejajar seperti pada laptop lain. Sedangkan kamera kedua adalah world-facing camera yang sejajar dengan keyboard. 


World-facing camera yang menggunakan sensor 13 MP, yang berfungsi seperti kamera belakang pada handphone, biasa ditanamkan pada gadget model tablet atau setengah terbuka seperti tenda. Jadi, dalam berbagai posisi, kamera tetap bisa dipergunakan.

Garansi 

Garansi adalah salah satu pertimbangan penting dalam membeli gadget. Apalagi sejak pandemi, banyak kegiatan, pekerjaan, serta komunikasi yang membuatkan peran gadget semakin dibutuhkan. Kerusakan gadget berarti gangguan pada aktivitas.


Namun, dalam kesibukan sehari-hari, ada saja peristiwa yang tidak diinginkan terjadi. Kita sudah berhati-hati, tapi tetap muncul hal-hal yang berada di luar kehendak.


Bagaimana kalau sedang sibuk bekerja atau belajar, tiba-tiba laptop tersenggol dan jatuh dengan layar pecah? Atau keyboard terkena tumpahan minuman, hingga tersambar petir? Kegiatan online bisa jadi langsung terhenti dan produktivitas pun terhambat.


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah menyediakan garansi untuk pengguna, agar tenang dan nyaman dalam beraktivitas.  


Inilah beberapa point penting dalam garansi  tersebut :

  • Warranty Extention

Dengan warranty extention pengguna memperoleh penjaminan dari asuransi untuk memperpanjang garansi pabrik, yang biasanya hanya terbatas selama 1 tahun.


Melalui asuransi ini, jangka waktu jaminan bisa diperpanjang lebih dari 1 tahun. Jika terjadi kerusakan pada tahun ke-2, pengguna masih bisa menggunakan garansi tersebut.  Lumayan, kan.


  • Accidental Damage Protection (ADP) sampai 100 %

Jika terjadi kerusakan akibat ketumpahan cairan, layar pecah karena terjatuh, atau laptop rusak disebabkan sambaran petir, pengguna akan mendapatkan pergantian penuh.


ASUS menyediakan pergantian menyeluruh pada kerusakan laptop akibat kelalaian pengguna. Seberapa besar? Bisa mencapai 100 %.


  • Onsite Service

Petugas service dapat dipanggil ke lokasi pengguna untuk layanan perbaikan. Pengguna hanya menunggu di rumah, sesuai dengan waktu yang sudah disepakati. Tidak perlu lagi datang ke service centre, jadi bisa bebas macet dan antrean.


  • VIP Support Line

Pengguna laptop mendapat prioritas saat mengajukan klaim garansi. Nggak perlu menunggu lama, keluhan mereka segera ditangani ASUS.



5 Alasan Memilih ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) untuk Kelas Online

  • Diperkuat dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-11
Pengguna ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa multitasking karena laptop ini sudah diperlengkapi dengan prosesor yang kencang, anti lemot.


Dengan posesor ini, pengguna bisa bekerja sebagai content creator, sekaligus memaksimalkan potensi gaming dari sistem. Laptop mampu meningkatkan performa gaming dengan penyimpanan berupa PCIe SSD 3.0 berkapasitas sampai 1TB.

  • Konektivitas 4G LTE
Mengandalkan konektivitas mobile 4G LTE yang super kencang, pengguna tak perlu tergantung lagi pada jaringan wifi. Cakupan 4G  lebih luas daripada wifi yang serba terbatas. Jaringan mobile sudah menyentuh sampai ke daerah-daerah pelosok, yang belum tentu terjangkau wifi.


Di manapun kita mengikuti kelas online, laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) tetap bisa berfungsi selama ada jaringan mobile, yaitu dengan memasukkan kartu SIM. Dengan jaringan 4G sinyal lancar siap berkibar.


  • Mata aman dan nyaman dengan fitur Eye Care
Pengguna akan menatap layar laptop berjam-jam selama kelas online. Sinar biru berbahaya untuk kesehatan mata karena menyebabkan kelelahan dan kerusakan retina. Fitur Eye care perlu pada gadget agar aman untuk penggunaan jangka panjang.


Eye Care pada layar ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperlengkapi dengan sertifikasi TUV Rheinland. Fitur tersebut mampu meminimalisir dampak dari sinar biru untuk kesehatan mata. Dengan laptop ini, pengguna pun nyaman ikut kelas online selama berjam-jam.

  • Teknologi Two Way AI Noise-Concellation

Kelas online membutuhkan ketenangan, apalagi jika pengguna harus berkomunikasi dengan lawan bicara. Kita menginginkan suasana hening, tapi adakalanya terjadi situasi di luar kendali karena berada di keramaian.


Dengungan dari kerumunan, suara kendaraan bermotor, hingga anak-anak yang heboh bermain, jadi gangguan yang rutin muncul saat belajar.  Konsentrasi selama kelas online bisa buyar.


Dalam perangkat ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah ditanamkan teknologi Two Way AI Noise-Concellation yang mampu meredam kebisingan, baik di lokasi tempat pembicara maupun lawan bicara. Suara tak penting jadi tersaring, diskusi pun bisa kembali lancar tanpa ada gangguan yang berarti.

  • Tangguh 
ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah memenuhi standard militer untuk ketangguhan di lingkungan ekstrem. Laptop ini bisa dibawa dalam perjalanan jauh di berbagai kondisi cuaca dan medan yang kurang ramah. Jadi, untuk yang hobi online-online jarak jauh, laptop ini telah memenuhi kriteria.

 
Tertarik dengan laptop ini? Yuk, simak spesifikasi di bawah ini.

Berikut spesifikasi dari ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) :

 


Main Spec.

ExpertBook B3 Flip (B3402)

CPU

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Free Upgrade to Windows 11¹

Memory

16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

Display

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x HDMI 2.0a

1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

With privacy shutter

13.0M camera

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2

Audio

Built-in speakerBuilt-in array microphonewith Cortana support

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm (12.95" x 8.81" x 0.76" ~ 0.77")

Weight

1.61 kg (3.55 lbs)

Colors

Black

Price

Starts from Rp17.542.000

Warranty

2 tahun garansi global



Referensi :
2. www.opensignal.com
6. asus.com
7. Canva
8.Pixabay

Komentar

Postingan Populer