Langsung ke konten utama

Unggulan

Dicari, Pemain Bola Berkarakter Kuat dan Tangguh bersama Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022

Pemukiman padat identik dengan anak-anak bermain pada sore hari cerah.  Pekik riang mereka tak bisa diredam oleh situasi yang tak stabil.  Harga-harga barang boleh melonjak, resesi mengancam, politik bisa bergejolak.  Namun tiada yang bisa menghentikan tawa riang mereka.   Mungkin hanya pandemi kemarin yang sempat membuat suasana senyap sementara.  Setelah virus mulai mereda, kegembiraan mereka kembali menyeruak di antara tembok-tembok perumahan. Pemukiman menjadi sunyi jika tak ada bocah seliweran. Permainan yang paling sering dilakoni anak-anak, terutama pria, adalah sepak bola. Entah itu di gang sempit atau perumahan dengan lapangan luas, si bundar selalu mampu menerobos lingkungan warga. Melalui tendangan kaki atau sundulan bola, para bocah itu menunjukkan kreativitasnya mengiring bola hingga sulit direbut lawan. Sepak bola sudah menjadi olahraga favorit di tanah air. Setiap pertandingan kejuaraan mulai dari kelas lokal hingga global, dipenuhi penggemar fanatik. Klub-klubnya berteb

Membangun Kesehatan Fisik dan Mental Anak Bersama Kampanye #KejuAsliCheck





Kring!


Bel tanda pulang sekolah SD Kesuma berbunyi nyaring.  Setelah pelajaran usai Tika langsung melesat dari kelas menuju lapangan parkir.  Hari ini dia menolak semua ajakan teman-temannya untuk bermain, karena ada yang mau dikerjakannya bersama Mama.


Di lapangan parkir, senyuman Tika langsung mengembang melihat mobil Mama sudah tiba.  Benar juga janji Mama untuk datang lebih cepat hari ini.  Tidak sia-sia usahanya tadi mengerjakan tugas sekolah dengan cepat, namun tetap teliti.


"Ayo, Ma,"  jawab gadis cilik itu penuh semangat sambil masuk ke mobil.


Mama tersenyum dan langsung menyetir keluar dari parkiran sekolah. Perjalanan mereka cukup jauh hingga akhirnya sampai pada sebuah supermarket di pinggir kota. 


Di dalam supermarket bersama Mama, Tika melangkah dengan semangat menuju ke rak bagian susu dan keju.  Tatapannya dengan teliti menyusuri barisan keju yang tertata rapi.


"Ini dia, Ma!"  Dia bersorak riang sambil menunjuk kemasan keju cheddar KRAFT.


Mama mengangguk dan segera mengambil beberapa kotak.  setelah itu mereka segera menuju kasir.  Tika senang sekali karena tidak sia-sia perjalanan mereka yang cukup sepulang sekolah.


"Jadi nanti kita buat kastangel, Ma?"  

"Jadi, tapi makan siang dulu dan kerjakan pe-er dulu.


Tika mengangguk sambil mengunyah roti yang sempat dibeli.  Roti biasa yang dilapisi dengan keju cheddar KRAFT membuatnya jadi sandwich keju lezat penahan lapar sampai di rumah.


Mama sekarang bisa tersenyum lega.  Sudah lama Tika minta dibuatkan kastangel, tapi karena kesibukan jadi tertunda.  Pas sekarang mau dikerjakan, penjualan keju cheddar KRAFT di sekitar rumah mereka habis. Mungkin persediaan terbatas dan keju yang tersisa sudah diborong orang.



Mama tidak mau menggunakan keju merek lain yang belum jelas kandungan nutrisinya.  Dari dulu, Mama selalu memakai keju cheddar KRAFT untuk membuat berbagai makanan di rumah. 


Untunglah ada teman Mama yang bekerja di supermarket pinggir kota tadi. Berkat informasi dari si teman, nanti sore mereka bisa masak kue bersama.  Hasilnya bisa dinikmati sebagai cemilan minum teh bersama keluarga.


Mengapa Banyak Ibu Memilih Keju Cheddar KRAFT ?

Keju cheddar KRAFT adalah keju asli produk New Zealand yang memenuhi syarat dalam kampanye #KejuAsliCheck. Produknya dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein, serta vitamin D.  

Dengan dibuat kampanye #KejuAsliCheck, keju cheddar KRAFT mengajak para ibu untuk paham bagaimana cara memilih keju yang sesuai.  Mudah saja menguji keaslian keju cheddar dengan bahan baku sesuai kualitas, yaitu bisa dilihat dengan 2 cara :
  1. Memastikan keju yang tertulis pada urutan pertama sebagai bahan komposisi (bukan air). Di label kemasan keju cheddar KRAFT, yang pertama tertulis adalah kata 'cheddar' yang dicetak tebal. Setelah itu baru dicantumkan kata 'air' yang tidak dicetak tebal.  
  2. Memiliki klaim nutrisi pada kemasan. Di label kemasan keju cheddar KRAFT, jelas tertera kalau makanan ini mengandung vitamin D.  Keju cheddar KRAFT juga mengandung susu sebagai sumber kalsium untuk kekuatan tulang dan gigi anak.  
Keju cheddar KRAFT telah memenuhi peraturan Badan POM No. 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, yaitu memberikan informasi benar dan jelas pada konsumen.  Dengan demikian konsumen tahu nutrisi yang mereka peroleh dari makanan yang dibeli.

Sesuai dengan anjuran Badan POM, komposisi dari bahan baku label pangan diurutkan dari kandungan tertinggi ke kandungan terendah.  Dengan demikian, keju Cheddar KRAFT sudah memenuhi kriteria kampanyae #KejuAsliCheck.  Komposisi pertama adalah keju, bukan bahan lain, yang berarti produknya adalah asli.
 
Supaya lebih jelas, bolehlah mengecek foto kemasan keju cheddar KRAFT di bawah ini.





Keju sebagai Peganan Keluarga

Berbagai kreasi penganan bisa dibuat dari keju, mulai dari sandwich, cookies, cake, krupuk keju dan masih banyak lagi.  Semua tergantung kreativitas ibu, termasuk rajin menelusuri internet untuk mencari resep baru.

Sekarang keju dijual di banyak tempat,  mulai dari pasar, minimarket, hingga supermarket, sudah menyediakannya di rak-rak mereka. Keju sudah jadi makanan yang biasa dikonsumsi.  Dulu sempat beredar stigma, kalau keju adalah makanan untuk orang 'bule'. Sekarang anggapan itu mulai memudar, karena keju bukan makanan yang mengandung sara.

Hanya saja, di pasaran banyak beredar berbagai jenis keju dengan kualitas yang tidak sesuai kriteria.  banyak yang mencantumkan nama keju, tapi sebenarnya komposisi bahan-bahan bukan keju.  Ibu-ibu yang awam tentang keju, tentu bingung menentukan bagaimana memilih keju yang tepat untuk si buah hati.

Memilih keju untuk buah hati, tidak boleh sembarangan. Jangan sampai membeli makanan yang minim nutrisi, karena akibatnya kurang baik untuk si kecil.  Anak-anak akan mengkonsumsi keju tanpa nutrisi yang sesuai, sehingga tumbuh kembangnya tidak optimal.

Keju cheddar KRAFT adalah sumber nutrisi yang sesuai untuk anak-anak karena mengandung kalsium, protein, serta vitamin D yang mendukung pertumbuhan mereka.





Kalsium untuk Anak

Dalam masa pertumbuhan, kalsium dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan tulang. Asupan kalsium yang dipenuhi pada usia belia, akan mempengaruhi kekuatan tulang dan gigi mereka setelah dewasa. Memberikan kalsium yang cukup menjadi investasi untuk kesehatan mereka di masa mendatang.

Apa saja dampak kekurangan kalsium pada anak?

Pertama. Kalsium perlu dipenuhi asupannya agar tubuh memiliki cadangan yang cukup.  Apabila tubuh minim kalsium, maka pemenuhan kalsium akan ditarik dari tulang.  Jika ini tidak diatasi, maka tulang akan kropos dan mudah patah. Masa kanak-kanak adalah masa aktif bergerak dan bermain.  Tulang yang kuat dan kokoh adalah kebutuhan mereka untuk tetap beraktivitas.

Kedua. Mencapai tinggi badan ideal untuk anak.  Postur tubuh semampai dengan berat badan proporsional adalah idaman setiap orang tua.  Penampilan memang bukan jadi tolok ukur utama, namun anak yang memiliki tubuh yang tinggi terlihat lebih menawan.  Apalagi jika mereka dipadupadankan dengan busana yang sesuai.

Ketiga. Kalsium mendukung tingkat kecerdasan anak.  Kalsium tidak hanya memperkuat massa tulang, tapi juga membangun sistem saraf dan fungsi otot tubuh anak. Kecerdasan anak dipengaruhi oleh sistem saraf yang sehat, karena mereka akan lebih mudah menerima informasi.

Keempat.  Menguatkan imun tubuh terhadap virus dan kuman penyakit. Kalsium menguatkan enzim yang mendukung sistem kekebalan tubuh.  Faktor ini penting dalam tumbuh kembang anak sehat, apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

Kelima. Memelihara kesehatan sistem kardiovaskular pada anak. Kalsium berperan dalam proses pembekuan darah, yang berfungsi mempertahankan dan menjaga otot-otot jantung. Sebagai organ tubuh yang penting, kesehatan jantung perlu dijaga melalui asupan gizi optimal.




Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Dalam masa pertumbuhan, anak diberikan makanan yang bergizi agar tubuh memiliki asupan nutrisi. Protein memegang banyak peranan penting dalam perkembangan anak. Keju cheddar KRAFT adalah keju yang terbukti mengandung protein yang dibutuhkan untuk si kecil.

Fungsi utama protein adalah memelihara sel-sel dan jaringan tubuh, memperkuat tulang dan otot, sumber energi, hingga membentuk hormon dalam tubuh. Selain itu, protein ikut andil dalam pembentukan antibodi atau sistem imun, agar tak mudah terserang infeksi bakteri atau virus.


Vitamin D untuk Kesehatan Anak

Vitamin D diperlukan agar tubuh bisa menyerap fosfor dan kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi.  Tulang yang kuat membuat anak aman beraktivitas.  Dunia anak adalah dunia yang aktif bermain dan bergerak.  Jangan sampai masa kanak-kanak mereka terhalang karena cedera pada tulang yang menghambat aktivitasnya.

Gigi juga adalah bagian tubuh yang krusial untuk mereka.  Pada masa kanak-kanak perlu diberikan berbagai makanan yang menopang pertumbuhan mereka. Gigi yang kuat dan sehat dibutuhkan agar mereka mampu mencerna makanan dengan baik.  Untuk itu kvitamin D penting dalam menjaga kesehatan gigi.



Kekurangan vitamin D juga  mempengaruhi kesehatan otak. Otak dapat bekerja secara maksimal apabila punya asupan vitamin D yang mencukupi.  Salah satu fungsi dari otak maksimal adalah mencegah gangguan mental pada anak, yaitu kecemasan hingga sulit berkonsentrasi.

Ciri-ciri kekurangan vitamin D adalah anak lebih sering mengalami nyeri otot, cepat lelah, serta bermasalah dalam gerakan.  Jangan sampai generasi penerus ini jadi orang-orang yang melempem.  Yuk, berikan mereka vitamin D melalui makanan bernutrisi, yaitu keju cheddar KRAFT.



Anak yang Dekat dengan Keluarga Cenderung Lebih Sehat

Apa yang dikerjakan jika ada keju cheddar KRAFT di rumah?  Ibu bisa membuat cemilan yang disukai keluarga, mulai dari roti sandwich, kue keju, hingga kerupuk keju.  Mulsi dari buku resep hingga internet memuat banyak olahan keju yang lezat.

Ibu bisa menghabiskan waktu bersama anak-anaknya, misalnya berbelanja atau memasak bersama di dapur.  Sebaliknya, anak-anak bisa meminta dibuatkan bekal istimewa untuk dibawa ke sekolah. Waktu bertemu yang lebih banyak, membuat keluarga bisa bercengkerama dan mengobrol akrab..

Anak yang dekat dengan keluarga cenderung lebih sehat secara mental.  Emosi mereka lebih stabil dan mengurangi tingkat kecemasan serta stres.  Sebaliknya, anak yang terabaikan dalam hubungan keluarga, emosinya tidak stabil dan sering membuat masalah di lingkungan sekolah.

Mereka punya orang-orang terpercaya untuk menjadi tempat curhat.  Orang tua juga bisa memahami masalah yang dihadapi anak-anaknya.  Ketika berkumpul bersama, keluarga bisa berdiskusi.  Tentu asyik, kan, bisa mengobrol sambil menikmati cemilan ala keju cheddar KRAFT.



Masakan adalah salah satu cara untuk menarik perhatian keluarga agar mau berkumpul bersama.  Keju cheddar KRAFT  bisa dihidangkan dalam berbagai jenis kudapan yang menggugah selera.  Senang sekali berkumpul dengan keluarga  di waktu luang sambil menikmati makanan ringan.  Perut kenyang dan hati pun gembira.



Konsumsi Keju di Indonesia

Tingkat konsumsi keju di Indonesia ternyata masih rendah, sementara nutrisi cheddar KRAFT keju bagus untuk kesehatan si buah hati. Sayang, kan, kalau kesempatan membuat makanan bernutrisi untuk di kecil terlewatkan begitu saja.  


Sumber : BPS Dirjen Peternakan, 2019.  
Dikutip dari FoodReview Indonesia edisi Juni 2021



Kemampuan anak menyantap makanan berbeda dengan orang dewasa. Lambung mereka masih berukuran kecil, sehingga hanya mampu menyerap makanan dalam jumlah besar.  Dengan keju cheddar KRAFT, ibu bisa menyediakan makanan variatif dengan ukuran sesuai kebutuhan anak, sehingga mereka tidak bosan mengkonsumsinya.


Jangan kuatir menyediakan makanan dengan ukuran yang lebih kecil dengan keju cheddar KRAFT.  Dari setiap bagian keju, sudah memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D, serta protein. Si kecil yang belum memiliki sistem imunitas lengkap, sudah memperolehnya melalui nutrisi keju cheddar KRAFT.


Yuk, mulai menyediakan keju cheddar KRAFT untuk si kecil, agar mereka senantiasa sehat dan kuat.  Anak-anak biasanya suka dengan cita rasa gurih seperti  disajikan keju cheddar KRAFT, apalagi tanpa perisa tambahan. Berbagai olahan resep bisa dibuat dengan keju yang asli ini. 


Selamat berkreasi dengan keju  cheddar KRAFT.

#KejuAsliCheck


Gambar diedit oleh Canva



Sumber Referensi :
  1. 5 Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak, https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-kalsium-untuk-tumbuh-kembang-anak, diakses pada tanggal 22 Desember 2021, pukul 19.15 WIB.
  2. Ini Peranan Protein dalam Tumbuh Kembang Anak, https://www.halodoc.com/artikel/ini-peran-protein-dalam-tumbuh-kembang-anak diakses pada tanggal 23 Desember 2021, pukul 10.02 WIB.
  3. Ketahui Pentingnya Vitamin D untuk Pertumbuhan Anak, https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-pentingnya-vitamin-d-untuk-pertumbuhan-anak, diakses pada 23 Desember 2021pukul 20.49 WIB.
  4. Kedekatan dengan Keluarga Tingkatkan Kualitas Kesehatan, https://www.halodoc.com/artikel/kedekatan-dengan-keluarga-tingkatkan-kualitas-kesehatan, diakses pada 23 Desember 2021, pukul 19.14 WIB.

Komentar

Postingan Populer