Tidak Masalah Menjadi Introvert, Tetaplah Berkarya Bersama ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)



ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)


Mendengar kata introvert, umumnya orang langsung membayangkan individu yang pendiam, penyendiri, kurang bergaul, sering mojok seorangan, dan ... hidup seperti datar-datar saja.


Sebagai salah seorang anggota klub ini, menurut saya ilustrasi di atas nggak sepenuhnya benar.


Seorang introvert memang suka menyepi sebab ketenangan hanya mereka peroleh dengan mengerjakan sesuatu sendirian. Cuma, salah besar kalau dikatakan introvert hanya menyendiri tanpa aksi.  Mereka beraksi dengan tindakan, bukan melalui kata-kata karena memang kurang tertarik berinteraksi dengan keramaian.


Dalam diam, introvert memiliki segudang ide yang menunggu diaplikasikan.  Walaupun ucapannya senyap, tapi pikirannya penuh dengan seribu satu macam kreasi yang ingin dituangkannya dalam media  tertentu.


Oleh sebab itu, introvert perlu satu perangkat yang bisa mewadahi aktivitasnya dalam berkarya.


Perangkat apa itu?  Laptop.


Karena dengan laptop, mereka bisa bekerja dan berkreasi mandiri walau harus bergerak di kesunyian. Berkat perangkat ini, introvert tetap mampu produktif sekaligus kreatif. 


Banyak ide yang ingin direalisasikan


Upaya dalam Keheningan

Eleanor Roosevelt pernah berkata; Lakukan satu hal setiap hari, yaitu hal-hal yang membuat Anda takut.


Apa yang paling ditakuti introvert?


Setiap pribadi mungkin berbeda, tapi untuk saya, dulu tahun ajaran baru adalah hal yang menakutkan apalagi jika masuk sekolah baru.  Di sana, akan bertemu orang berbeda dari sekolah lama dan harus berkomunikasi dengan mereka.


Biasanya di hari pertama, saya hanya duduk manis sambil melipat tangan di bangku, sambil melihat teman sekelas yang berseliweran di ruangan.  Heran, kok, mereka bisa cepat akrab padahal baru kenal?  Sementara saya, menegur saja sudah ketakutan duluan.


Di sekolah, kesal sekali kalau harus ikut kewajiban ekstrakulrikuler.  Kenapa pula ada kegiatan wajib di luar jadwal sekolah?  Kan, lebih enak tinggal di rumah sendirian sambil membaca buku.  Namun, karena nama kegiatan ekstrakurikuler akan tercantum di rapor, mau nggak mau diikuti juga.


Ya, ketemu orang baru lagi.


Setelah beberapa tahun tamat sekolah, barulah saya mengerti tujuan sekolah dulu mewajibkan siswa-siswinya mengikuti ekstrakurikuler.  Komunikasi, ini faktor utama.  Ibarat nyawa cadangan untuk mahluk sosial seperti kita. Bagaimana karakter dan kemampuan kita berinteraksi, akan menentukan posisi di masa depan.


Coba dibayangkan kalau kita malas berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, mungkin sulit berkembang ke posisi terbaik.  Lebih sering tinggal di tempat lama, karena tidak ada kemampuan atau keahlian kita.


Pertanyaannya, bagaimana kalau masih gugup berinteraksi dengan orang lain?


Ya, seperti kutipan Ny. Roosevelt di atas, lakukanlah apa yang takut kita lakukan.


Di era digital, hal ini lebih mudah diaplikasikan. Kalau dulu, berkomunikasi harus secara tatap muka dan berbicara langsung, ysekarang sudah ada alternatif lain. Berbicara tidak selalu identik dengan kata-kata terucap, apalagi harus bertatap muka. Internet bisa menjadi alternatif untuk berkomunikasi


Introvert umumnya senang kegiatan yang bisa dilakukannya seorang diri, seperti membaca, menulis, menggambar dan mendesain, atau mengedit video serta foto.  Mereka bisa 'berbicara' kepada publik melalui karya-karya mereka di jagat maya.


Membuat tulisan di blog atau caption di medsos, mengupload foto dan gambar-gambar bagus bisa menjadi solusi untuk menunjukkan eksistensi mereka pada khalayak. Introvert tidak harus bertatap muka langsung, tapi tetap mampu menunjukkan identitas mereka yang enggan ketinggalan dari rekan-rekan lainnya.


Masalah karyanya bagus atau tidak, dikritik atau diabaikan, itu urusan berikutnya, yang penting mau serta berani dulu tampil di depan umum.  


Ketika pertama kali menulis dan ada yang mengkritik, saya sempat merasa gimana, gitu. Namun, kemudian saya berpikir, kritikan berarti sudah ada yang memperhatikan. Kalau senyap saja, baru masalah karena karya saya ibarat mahluk tak kasatmata yang lewat tanpa kesan dan pesan.


 Menyendiri untuk berkarya


Jadi, kalau muncul kritikan, saya berusaha menerima. Siapa tahu, kritikan justru menjadi jembatan agar mampu berkarya lebih bagus.  Umumnya, kritikan-kritikan tersebut memang ada benarnya. Dari orang-orang yang melontarkannya, saya mendapatkan banyak pelajaran berharga untuk introspeksi.


Setidaknya, dengan berkarya saya sudah berani mengatasi rasa takut untuk beropini di depan umum.  Hal ini bukan mudah bagi orang yang terbiasa bersembunyi di balik panggung.


Nah, setelah bersedia menunjukkan karya dan kreasi pada kerumunan, sebaiknya temukanlah gadget yang tepat sebagai sarana mewujudkan ide-ide.


Gadget seperti apa yang diperlukan untuk berkarya?  Kalau saya lebih memilih laptop yang mumpuni dan bisa jadi rekan sepadan untuk menulis. Layarnya aman untuk kesehatan mata, keyboardnya nyaman dipakai mengetik.  


Laptop juga sudah ditanamkan perangkat yang ikut mendukung produktivitas pengguna dalam berkarya.  Perangkat tersebut telah terpasang software terbaru, serta mempunyai ruang penyimpanan data yang dapat diandalkan, serta baterai tahan lama.


Pada Agustus 2022 kemarin, ASUS meluncurkan seri terbaru Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Ini adalah laptop gaming yang dibekali dengan AMD Ryzen 5000 H-Series, untuk memastikan kinerja yang lebih kencang dibandingkan dengan laptop lain.


Bukan hanya untuk gaming, ASUS Vivobook Pro 14 (M3400) juga pas untuk content creator yang ingin eksis di dunia maya.  Kalau punya karya, baik, baik berupa tulisan, foto, video, dan sejenisnya, boleh mengajak perangkat ini menjadi teman beraktivitas mumpuni.


Apa saja kriteria Vivobook Pro 14 OLED (M3400)?  Yuk, simak ulasannya.


Layar ASUS OLED 

Layar ASUS OLED (Organic Light-Emitting Diode) cocok untuk pengguna yang peduli dengan kesehatan mata jangka panjang. Kualitas visual layar ASUS OLED telah diatur tingkat akurasi dan reproduksi pada warna rendah, karena warna yang terlalu cerah akan mengganggu kesehatan mata. 


Berbeda dengan laptop lain, layar  ASUS OLED dapat disetel tanpa mengabaikan tingkat keakuratan warna. Pada kecerahan hanya 11% layar OLED, laptop dapat menampilkan kecerahan 100% di layar jenis lain. Artinya, pada level warna rendah, laptop ini tetap menawarkan warna-warna yang tajam dan jelas, tapi sesuai untuk kesehatan mata.


Selain warna warni yang terlalu cerah, blue light atau sinar biru yang memancar dari layar juga menjadi ancaman untuk kesehatan mata serta fisik.  


Blue light adalah sinar biru yang memancar dari layar gadget, seperti laptop, ponsel, tablet, dan perangkat sejenisnya, yang berdampak pada kesehatan. Paparan sinar yang berlebihan membuat pengguna sulit tidur, hingga mengurangi kualitas tidur yang berdampak pada kesehatan fisik. Selain itu, sinar biru juga menyebabkan mata kelelahan dan kering.


Untuk mencegah pengaruh sinar biru, maka Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah diperlengkapi teknologi terbaru yang mampu meminimalisir dampak sinar biru, tanpa mengurang keakuratan warna. Teknologi low blue light dan anti-flicker adalah solusi yang ditanamkan pada perangkat untuk mengatasi efek buruk sinar biru.


Perolehan sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland telah menjadi bukti  bahwa, Vivobook Pro 14 OLED (M3400)  aman bagi kesehatan mata penggunanya.

 

Selain menjaga kesehatan mata, layar ASUS OLED juga menghasilkan tampilan layar dengan kualitas terbaik. Berkat fitur HDR yang telah memperoleh sertifikasi dari VESA, layar laptop menampilkan warna yang kaya dan tajam dengan color garmut sampai 100% pada color space DCI-P3. 


Hal ini dibuktikan dengan sertifikasi PANTONE Validated Display, yaitu ketepatan warna yang variatif, luas, beragam, tapi tetap akurat dengan cakupan detail yang sangat baik. Layar ini sudah mencapai standar tinggi yang sesuai dengan kebutuhan industri, seperti produksi film. Cakupannya lebih luas dari sRGB yang masih digunakan oleh layar laptop merek lain sampai sekarang.


Untuk yang menyukai produktivitas dengan ruang kerja yang lebih luas, Vivobook Pro 14 (M3400) adalah pilihan sesuai.  Laptop ini menawarkan rasio layar 16:10 dengan resolusi 2.8K (2880 x 1800). Jika produk terdahulu mengusung layar 16:9, maka teknologi baru yang mampu memuat banyak konten ini, membuat pengguna betah berkreativitas di tampilan yang lebih luas.



Keyboard dan Touchpad

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah diperlengkapi touchpad yang lebih luas beserta keyboard ASUS ErgoSense.  Kelebihan dari jenis keyboard ini adalah dirancang dengan ketelitian jarak tombol, stabilitas, serta kedalaman tekanan untuk kenyamanan pengguna.


Penting untuk mempertimbangkan keserasian dalam beraktivitas dengan laptop, apalagi kalau harus duduk di depan layar selama berjam-jam. Keserasian tersebut bukan hanya menyangkut layar atau perangkat yang ditanamkan di dalamnya, tapi juga keyboard dan touchpad sebagai peralatan mengetik. 


Touchpad yang lebih luas serta keyboard yang ramah dengan jari-jari, ikut membuat kita betah mengetik untuk menghasilkan karya-karya.  Tangan kita tetap leluasa berseliweran di atas keyboard untuk menampilkan ide-ide terbaik, seperti yang terpasang pada Vivobook Pro 14 OLED (M3400).  


Bodi Ramping dan Ringan

Ingin berganti suasana saat bekerja, maka beraktivitas di luar rumah adalah solusi agar terus semangat berkarya. Mengerjakan tugas sambil nongkrong di tempat favorit adalah pilihan tepat agar pikiran tetap segar dan kreatif. 


Atau karena alasan tertentu maka harus sering bepergian, maka dibutuhkan perangkat yang mudah dibawa berpindah tempat. Dalam situasi demikian maka laptop yang ringan dan ringkas menjadi syarat perlengkapan andalan.


Dengan desain yang ringan, ramping, dan ringkas, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) adalah perangkat tepat untuk mobilitas tinggi. Dengan bobot hanya 1,4 kg dan ketebalan 18,9 mm, laptop ini mudah dan nyaman dibawa bepergian. Pengguna bisa bergerak cepat tanpa kerepotan menjinjing beban berat.



Sistem Pendingin Ice Cool Terbaru

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah diperlengkapi dengan Dual-Fan Cooling System With ASUS IceCool Plus Thermal Technology, atau sistem pendinginan ice cool terbaru.  


Sistem ini terdiri dari dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polimer (SCP) yang diperlengkapi dengan 86 bilah di setiap kipasnya.  Penggunaan sistem pendingin ini menjamin Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat bekerja lebih optimal, tanpa suhu memanas yang terus meningkat ketika laptop menyala dalam jangka waktu lama.


Beraktivitas dengan laptop dalam jangka waktu yang lama membuatnya menjadi panas.  Jika panas terus meningkat, maka perangkat di dalam laptop akan mengurangi kecepatan, sehingga mengganggu produktivitas bekerja.  Oleh sebab itu, penting ditanamkan perangkat pendingin pada laptop.


Jika meletakkan kipas tambahan di bawah laptop, suaranya yang berisik justru mengganggu konsentrasi pengguna saat bekerja. Beda dengan sistem pendingin ice cool, suaranya tidak berisik dan bekerja otomatis saat suhu laptop meningkat, sehingga tidak membuyarkan konsentrasi pengguna.


Keuntungan lain dari sistem pendingin ini adalah kenyamanan ketika mengetik. Vivobook Pro 14 (M3400) tetap berada pada suhu normal, sehingga keyboard senantiasa dingin di jari walaupun bekerja dalam waktu lama. 


Windows 11

Pada Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah ditanamkan Windows 11, yang memberi tampilan warna lebih menarik dari pendahulunya. Versi terbaru lebih ringan dan mempermudah tugas pengguna, serta tampak modern dan minimalis.


Dengan mengusung Windows 11, kinerja laptop lebih gesit dan responsif. Versi terbaru yang didukung oleh prosesor mumpuni,  mampu meningkatkan kecepatan aktivitas Vivobook Pro 14 OLED (M3400).



Webcam Shield

Mungkin ada yang pernah mendengar kisah tentang peristiwa unik ketika conference call atau webinar. Salah seorang peserta lupa memeriksa fungsi kamera, sehingga perangkat itu tetap menyala dan menyiarkan tampilan si peserta dalam situasi yang kurang wajar.


VivobookPro 14 OLED (M3400) telah menyiapkan perangkat agar peristiwa demikian dapat dicegah. Fitur kamera sudah diperlengkapi dengan bilah yang bisa digeser untuk membuka atau menutup mata kamera. Jadi, pastikan saja bilah telah dalam posisi tertutup, maka pengguna aman dari rekaman kamera yang tak diinginkan.


 

AI Noise Cancelling dan Audio Harman/Kardon

Bekerja di tengah suasana yang bising bisa mengganggu konsentrasi, sekaligus performa dalam beraktivitas. Untuk mengantisipasi problem tersebut, maka Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah diperlengkapi  sistem audio khusus yang terhubung dengan AI Noise Cancelling.



Fungsi teknologi ini adalah meredam suara bising yang berseliweran di sekitar pengguna, sehingga conference call, online meeting, webinar, dan kegiatan virtual lainnya, bisa berlangsung aman tanpa keributan atau gangguan yang berarti. 


Berbicara mengenai suara, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga sudah diperlengkapi dengan audio Harman/Kardon. Audio jenis ini dikenal mampu menghasilkan suara yang jernih, cocok sekali untuk yang hobi menikmati tontonan visual, seperti musik dan film dengan efek suara menggelegar.  Jadi, acara 'me time' lebih seru dengan gambar dan suara yang bening dan jelas dari perangkat laptop.


Baterai 

Daya tahan baterai adalah salah satu faktor pertimbangan dalam membeli gadget, karena perangkat ini sering dibawa bepergian.  Kalau daya tahan baterainya rendah, pengguna bisa kerepotan melanjutkan pekerjaan, apalagi jika sulit menemukan sumber listrik. 


Untuk mengantisipasi masalah ini, maka di dalam Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah ditanamkan baterai kapasitas 50 Wh, ditambah dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 5000 H-Series Mobile Processors untuk penggunaan yang efisiensi.  


Setelah diuji dengan PCMark 10 Battery pada mode Modern Office, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dalam penggunaan normal, mampu beraktivitas selama delapan jam. Cukup untuk dibawa beraktivitas di luar ruangan. 


Fingerprint Sensor

Laptop adalah benda pribadi yang menyimpan data dan pekerjaan yang tidak boleh diutak-atik oleh sembarang orang. Kalau dulu, untuk melindungi privasi  dipergunakan kata sandi atau password.  Sekarang sudah ada teknologi lebih canggih, yaitu Quick Fingerprint Sensor Login.


Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah mengusung teknologi ini.  Pada sisi kanan atas laptop, pengguna dapat menggunakan sensor pemeriksaan sidik jari untuk membuka layar laptop. Sidik jari manusia unik dan tidak pernah ada dua orang yang mempunyai tipe yang sama. Dengan demikian, data laptop aman dari jangkauan orang tak bertanggung-jawab.


Prosesor

Didukung dengan  AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor dan grafis AMD RadeonTM, ASUS Vivobook Pro 14 OLED memberi tenaga efisien dan efektif dari AMD Zen 3 dan teknologi proses 7nm terbaru, dengan  daya tahan baterai yang dapat diandalkan.


AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor yang tangguh  untuk gaming, content creator, hingga bisnis. Hal ini karena kinerja prosesor yang mampu bergerak lebih optimal untuk kualitas gambar dan grafis yang lebih baik.


Dengan prosesor ini, pengguna sudah bisa bermain game, mengetik, streaming, ataupun menjelajah dunia maya, serta membuat konten.  Kalau mau eksis di media sosial sudah tidak jadi masalah, karena kita bisa meng-upload foto-foto atau video keren.


Memori

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menggunakan komponen bertenaga prosesor AMD Ryzen 5000 series, serta sudah tertanam RAM DDR4 hingga 16GB.


Mengandalkan kinerja Prosesor AMD Ryzen 5000 series dengan RAM DDR4, pengguna laptop ini boleh berseliweran di berbagai jenis game. Sedangkan RAM DDR4 mampu mentransfer data lebih cepat dengan kapasitas yang lebih besar, apalagi didukung dengan penyimpanan memori hingga 16GB.


Storage

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menggunakan storage berbasis M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD berkapasitas 512GB.  Dengan NVMe atau Non-Volatile Memory Express, laptop mampu menyimpan data yang lebih efisien serta mentransfer dengan kecepatan lebih mumpuni daripada teknologi pendahulunya.


Sementara SSD berkapasitas 512GB sudah termasuk dalam angka yang direkomendasikan untuk menyimpan data dalam jumlah besar.  Dengan kapasitas penyimpanan besar,  laptop  dapat bekerja secara efisien, serta pengguna dapat nyaman mengolah data sejak awal hingga mengeditnya sampai selesai.


Konektivitas

Salah satuitur penting dalam memilih laptop adalah konektivitas, yaitu untuk menghubungkan pengguna dengan jejaring internet sebagai tranfer ataupun pengiriman data. Melalui jejaring, pengguna dapat berkomunikasi dan bekerja dengan orang lain. 


Untuk mempermudah produktivitas dalam pekerjaan, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) mengusung beberapa fitur konektivitas, seperti tiga slot USB Type-A, slot kabel HDMI berukuran 3,5 mm, micro SD card reader, Bluetooth 5.0, dan WIFI 6.



Dengan perangkat konektivitas yang tersedia pada Vivobook Pro 14 (M3400), pengguna mempunyai pilihan untuk tersambung dengan internet dan mulai beraktivitas.


“Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.”


Alasan-alasan Memilih Brand ASUS

Berdiri sejak tahun 1989, ASUS telah berkontribusi dalam merancang dan menginovasi teknologi. Dimulai dari produk rakitan, sampai sekarang ASUS telah menjual jutaan komponen, seperti motherboard dan kartu grafis ke seluruh dunia.


Produk ASUS telah menjelajah secara global, menjadi merek favorit dan meraih prestasi, hingga layak menjadi brand pilihan untuk laptop andal.


Adapun alasan-alasan memilih ASUS sebagai perangkat untuk beraktivitas adalah :

  • Brand Laptop No. 1 di Indonesia
Hasil riset dari lembaga terkemuka GfK menyatakan, sampai awal kwartal ketiga 2021 ASUS berhasil menguasai 30,9%  pangsa pasar laptop.  Angka pencapaian ini jauh dari standard yang dicapai merek lain pada peringkat ke-2 dan ke-3.  Dalam situasi pandemi, ASUS tetap mampu merambah pasar untuk menaklukkan persaingan.


Sementara untuk prosesor AMD, seperti yang ditanam pada Vivobook Pro 14 OLED (M3400), ASUS berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 23,3%.

  • Brand motherboard no. 1 di dunia
Motherboard adalah standard utama dari tingkat kualitas laptop andalan.  Sejak awal berdiri hingga sekarang,  ASUS telah menjual lebih dari 500.000 motherboard.  Berhasil memasarkan salah satu komponen penting dari komputer, membuat produk ASUS telah diakui sebagai brand yang mampu bersaing.

  •  Perusahaan Teknologi dan  Informasi (TI) paling terkemuka di dunia
ASUS terpilih masuk dalam peringkat ke-10 kategori Elektronik Konsumer, sebagai perusahaan paling inovatif. Penghargaan ini  diberikan oleh perusahaan web dan teknologi top dunia, Fast Company.  Inovasi adalah kunci agar perusahaan mampu berkompesisi dalam teknologi yang terus berkembang pesat. ASUS telah membuktikannya dengan terus mengeluarkan produk-produk baru setiap tahun.

  • Mengutamakan kualitas dan pelayanan
Kepuasan konsumen adalah target utama perusahaan.  Konsumen yang memperoleh pelayanan terbaik akan kembali, bahkan bisa memberikan promosi gratis untuk kenalan mereka agar membeli produk yang sama.


ASUS peduli dengan kebutuhan konsumen terhadap pelayanan dan produk berkualitas. Upaya maksimal diprioritaskan untuk memahami dan memenuhi kepentingan mereka. Dedikasi ASUS dalam memberikan pelayanan utama pada konsumen telah terbukti dengan perolehan penghargaan dari The Wall Street Journal Asia, untuk kualitas pelayanan terbaik.


  • Teknologi ramah lingkungan
Peduli pada kelestarian lingkungan adalah isu utama yang banyak diusung oleh perusahaan, termasuk ASUS. Lingkungan bersih dan terpelihara adalah warisan untuk anak cucu kita kelak, oleh sebab itu perlu dirawat dari sekarang.


ASUS juga ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian, dengan mengedepankan teknologi yang ramah lingkungan. Kepedulian ASUS telah dibuktikan sebagai industri pertama yang memperoleh Sertifikat EU Flower untuk desktop dan EuP untuk notebook. 


  • Meraih 61.520 penghargaan
Visi dan misi dari ASUS adalah terus berinovasi dan menebarkan manfaat untuk masyarakat, terutama dalam bidang teknologi. Upaya perusahan dalam berproduksi telah mendapat pengakuan baik secara nasional maupun internasional.


Sejak tahun 2001 sampai sekarang, ASUS telah memperoleh 61.520 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang serta media TI terkemuka di seluruh dunia. Rekam jejak ASUS telah mendapat pengakuan secara global.




Berkarya hari ini Untuk Meninggalkan Kenangan di Masa Depan

Apapun karakter kita, baik introvert, ekstrovert, ataupun ambivert,  mari ciptakan karya yang bermanfaat untuk khalayak. Sekarang, bermacam aktivitas bisa dikerjakan, mulai dari menulis, mendesain gambar, mengedit video, hingga menciptakan game baru, yang siapa tahu  menginspirasi orang lain.


Sekarang kita bisa bekerja secara nomaden dengan memanfaatkan jaringan internet dan perangkat teknologi, seperti laptop. ASUS telah mengeluarkan laptop seri terbaru, yaitu Vivobook Pro 14 OLED (M3400), yang sesuai untuk gaming dan pro kreator. Jadi, jangan sia-siakan ide yang belum terealisasi, wujudkan kreativitas dengan laptop mumpuni.


Kelak, ketika kita menoleh ke belakang, mungkin kita akan bangga dengan karya nyata yang berhasil diwujudkan hari ini. Waktu dan tenaga yang dicurahkan maksimal, menjadi peristiwa yang layak dikenang seumur hidup.


Main Spec. Vivobook Pro 14 OLED (M3400)


CPU

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)


Operating System

Windows 11 Home


Memory

16GB DDR4

8GB DDR4


Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD


Display

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED,90Hz 0.2ms,600nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black


Graphics

AMD Radeon™ Graphics


Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader


Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5


Camera

720p HD camera with privacy shutter


Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio


Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion


Dimension

31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm


Weight

1.4 Kg


Colors

Solar Silver, Cosmos Blue


Price

Rp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)


Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty




Sumber Referensi

1. www.asus.com/event/pcd

2. ASUS_Product_Guide.pdf

3. www.travelerien.com

4. Canva dan Pixabay


Komentar

  1. ASUS benar² memahami kebutuhan dan keinginan user ya.
    Spesifikasi nya sungguh WOW
    Ciamik bgt ya

    BalasHapus
  2. Aku juga nyaman jadi introvert. Apa lagi kalau ditemani gawai kece begini. Mau, dong..

    BalasHapus
  3. suka banget dengan produk-produk Asus, teman punya langsing banget dong dan ringan, cocok banget yang kerjanya mobile seperti saya, ga pakai ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop ringan memang nyaman dibawa bepergian ya, Mbak

      Hapus
  4. Waow, introvert yang satu ini langsung ngiler baca artikelnya, Kak. ;P

    BalasHapus
  5. Tim introvert hadiir.. hehe saya pun ada introvertnya sehingga akhirnya menyadari kalau tulis menulis sungguh dunia yang seru.. Btw, Laptop Asus ini memang semakin canggih ya spec.nya. Displaynya pun semakin unggul dan bagus untuk menampilkan warna-warna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga jadi introvert yang kreatif di dunia tulis menulis, Mbak, apalagi kalau ditemani ASUS.

      Hapus
  6. Introvert ditemenin asus sih bahagia banget pasti. Haha.. Cukup si introvert dan laptopnya aja kayaknya kebutuhannya nggak kurang-kurang deh. Wkwk. Apalagi buat kerjaan makin lancar pastinyaa..

    BalasHapus
  7. wah keren banget di dalam Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah ditanamkan baterai kapasitas 50 Wh, ditambah dengan dukungan prosesor AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors untuk penggunaan yang efisiensi. Saya sangat excited akfena permasalahan saya selama ini selalu berhubungan dengan baterai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak, soalnya laptop sering diajak mobile. Daya tahan baterai menjadi salah satu pertimbangan memilih laptop.

      Hapus
  8. Ada kalana aku introvert dan ada kalanya aku ekstrovert.
    Jadi aku ambivert, ehehhe.. Tapi sejak menikah dan kini anak sudah pada SD, aku lebih seneng ditemani dengan laptop. Rasanya kemana-mana merasa nyaman kalau ada laptop yang turut serta. Mungkin karena kemudahan jaringan wifi juga yaa..

    Dan kalau memiliki ASUS Vivobook Pro 14 (M3400) yang ringan, maka semakin mudah dibawa-bawa mobile. Semakin bahagia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang introvert dan ekstrovert itu tergantung kondisi dan situasi juga, Mbak, makanya kemudian muncul ambivert sebagai gabungannya. Tapi, kalau sudah disodori ASUS, kayaknya nggak perlu lihat-lihat karakter lagi, ya. Nggak akan nolak. Wkwkwk

      Hapus
  9. Tim introvert hadir. Walau tidak nyaman bicara di keramaian, tapi aktif di dunia maya. Apalagi scrolling dunia maya pakai laptop yang mumpuni ya kan.

    BalasHapus
  10. Menjadi introvert tidak masalah
    Introvert bisa tetap produktif dan berkarya ya mbak
    Apalagi dengan bantuan laptop sekece ini

    BalasHapus
  11. Introvert hadiiiirrrr, gak masalh introvert toh masih tetap berkarya dan berdaya apalagi kalau ditunjang dengan asus si laptop yang speknya mantap

    BalasHapus
  12. Saya introvert. Lalu masuk ke bidang kerja yang dunianya ekstovert banget. Eh ternyata saya bisa adaptasi. Produktif pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istilahnya ambivert, Mbak, adaptasi memang solusi untuk bisa berbaur dengan khalayak.

      Hapus
  13. Laptop sy jg ASUS mba. mmg bandel dan kualitasnya bgs serta awet tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu pernah memakai yang kecil, Eee PC layar 7 inch. Kecil-kecil pun bagus, Mbak.

      Hapus
  14. Introvert bukan halangan untuk berkarya. Contohnya melly guslaw bisa menghasilkan lagu-laghnya keren. Apalagi di era digital seperti sekarang ini ditambah Asus, tidak ada alasan lagi orang introvert tidak bisa berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak, banyak introvert yang sukses. Di tingkat internasional ada Barack Obama dan Bill Gates.

      Hapus
  15. Introvert sebenarnya cuma perlu semacam setting yang pas untuk dirinya agar bisa berkembang. Saya setuju laptop dengan segala fitur juara seperti ASUS cocok untuk mendukung introvert berkarya dari rumah

    BalasHapus
  16. suka teknologi AI Noise Cancelling dan Audio Harman/Kardon dari Asus ini, kadang harus bekerja daring di lingkungan yang ramai, sehingga ada aja gangguan dari suara sekitar, teknologi Al Noise ini bisa meredam suar dari lingkungan sekitar sehingga lebih jelas mendengar

    BalasHapus
  17. Aku sendiri udah coba nih kualitas ASUS OLED, emang bagussss. Duh emang deh ASUS juara kalau inovasi laptop terbaru.

    BalasHapus
  18. Suamiku introvert kak. Dan yo lebih suka ngadep laptop dari pada ketemu orang. Wkwkwkw cocok ki asus introvert

    BalasHapus
  19. Masyaallah, kak... aku mau gabung dgn klub introvertnya, hehe.
    Aku setuju kalau introvert itu bukan diam tak bergaul, tapi beda cara ekspresinya aja...and yes, karya bisa dihasilkan siapa saja, termasuk si introvert.

    Punya laptop yang kece dengan layar OLED jelas kebahagiaan tersendiri buat introvert, banyak yang bisa dilakuin..heheh...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer