Langsung ke konten utama

Unggulan

Dicari, Pemain Bola Berkarakter Kuat dan Tangguh bersama Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022

Pemukiman padat identik dengan anak-anak bermain pada sore hari cerah.  Pekik riang mereka tak bisa diredam oleh situasi yang tak stabil.  Harga-harga barang boleh melonjak, resesi mengancam, politik bisa bergejolak.  Namun tiada yang bisa menghentikan tawa riang mereka.   Mungkin hanya pandemi kemarin yang sempat membuat suasana senyap sementara.  Setelah virus mulai mereda, kegembiraan mereka kembali menyeruak di antara tembok-tembok perumahan. Pemukiman menjadi sunyi jika tak ada bocah seliweran. Permainan yang paling sering dilakoni anak-anak, terutama pria, adalah sepak bola. Entah itu di gang sempit atau perumahan dengan lapangan luas, si bundar selalu mampu menerobos lingkungan warga. Melalui tendangan kaki atau sundulan bola, para bocah itu menunjukkan kreativitasnya mengiring bola hingga sulit direbut lawan. Sepak bola sudah menjadi olahraga favorit di tanah air. Setiap pertandingan kejuaraan mulai dari kelas lokal hingga global, dipenuhi penggemar fanatik. Klub-klubnya berteb

SehatQ, Solusi Konsultasi Kesehatan Era Digitalisasi





Ada keluhan kesehatan? Mungkin badan tidak fit hingga tak bisa bekerja maksimal?  Ayo, segera cek kesehatan ke rumah sakit, supaya bisa beraktivitas kembali. Inilah solusi yang sering kita lakukan sejak dulu. Rumah sakit jadi tempat pemulihan raga yang letih, agar kembali bugar seperti sediakala.


Seragam serba putih, aroma khas obat-obatan, hingga perawat yang hilir-mudik mengantar pasien adalah pemandangan lumrah di sana. Orang-orang ramai berobat membuat antrian penuh dan harus sabar menunggu.


Namun saat pandemi merebak, banyak yang kuatir pergi ke rumah sakit. Virus Covid19 yang menyebar sangat cepat, menjadi alasan kalau lokasi tersebut dihindari saja dulu, kalau tidak ada keperluan mendesak. Daripada terpapar virus yang nanti bisa berakibat fatal, lebih baik mencegah duluan.


Menurut data yang dirilis oleh MarkPlus, Inch, sebanyak 71,8% responden menghindari kunjungan ke rumah sakit selama pandemi. Namun, bagaimana caranya agar orang tetap bugar tanpa ke rumah sakit? Untuk bisa tetap bugar sebanyak 64,5% memilih menjaga kesehatan secara mandiri dengan pola hidup sehat, seperti istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi.


Demikian mengkuatirkan berita-berita Covid19 yang tersebar di media, hingga masyarakat kuatir berobat ke rumah sakit.

 

Padahal, sebelum pandemi merebak pun sebenarnya banyak orang yang enggan ke rumah sakit, serta memilih menunda konsultasi pada dokter.  Apa saja alasan mereka hingga menunda berobat? 


Berikut uraiannya.


Waktu terbatasKesibukan pekerjaan membuat orang membatalkan kunjungan ke rumah sakit. Mengantri di rumah sakit dianggap menyita waktu yang seharusnya bisa dipakai untuk menyelesaikan tugas.


Apalagi kalau gejalanya belum terlalu berat, rencana bertemu dokter bisa ditunda dulu. Dokumen tugas yang menumpuk lebih diprioritaskan daripada badan yang kurang fit. Kalau belum terlalu mengganggu, biasanya orang berpikir penyakitnya nanti akan sembuh sendiri.


Overthinking Muncul gejala-gejala ringan pada tubuh, bisa membuat orang cemas sekaligus takut. Belum konsultasi, tapi sudah kuatir dengan hasil diagnosa dokter. Apalagi mendengar semakin banyak ragam penyakit yang muncul, termasuk jumlah pasien yang terus bertambah.


Daripada kaget mendengar hasil pemeriksaan, mereka memilih menunda konsultasi ke paramedis. Siapa tahu, cuma karena kecapekan. Kalau memang karena kecapekan, toh nanti bisa pulih sendiri.  


Mahal.  Biaya rumah sakit termasuk mahal, belum tentu mampu dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.  Kalau terdesak, sering ada yang membeli obat sendiri dengan harapan bisa sembuh, tanpa mengeluarkan banyak biaya.


Malu. Ada orang yang malu diperiksa dokter. Dia risih kalau tubuhnya disentuh untuk pemeriksaan, apalagi oleh orang yang tidak dikenal. Walaupun untuk kesehatan, tapi mereka tetap segan dan terus menunda melakukan pengobatan.



Kira-kira ada nggak solusi supaya tetap bisa konsultasi kesehatan, tanpa perlu ke rumah sakit? 


Sejak Covid19 merebak, kita lebih sering tinggal di rumah dengan banyak kegiatan digital.  Bekerja, sekolah, rapat, hingga bersilaturahmi bisa dilakukan melalui gadget. Semuanya mudah dan cepat, tanpa dibatasi ruang dan waktu, hanya perlu sinyal stabil.


Di era digitalisasi, konsultasi kesehatan secara online atau telemedicine bukan mustahil lagi. Dengan gadget di genggaman, kita sudah bisa konsultasi kesehatan dengan dokter dari berbagai rumah sakit di Indonesia, termasuk belanja obat, hingga booking fasilitas kesehatan, yaitu melalui aplikasi dan website SehatQ.



SehatQ, Konsultasi Kesehatan hingga Booking Fasilitas Medis

Mulai berdiri sejak November 2018, SehatQ adalah salah satu inovasi dari konsep kesehatan digital (heath tech), yang punya potensi untuk berkembang menjadi salah satu startup unicorn di masa mendatang. Melalui gadget yang selalu kita bawa setiap hari, SehatQ bisa menjadi mitra untuk menjaga kesehatan.


SehatQ bukan hanya bertujuan memberi solusi masalah kesehatan, tapi juga menyampaikan informasi tentang gaya hidup sehat. Meskipun tubuh fit, kita tetap bisa konsultasi tentang pola hidup bugar.  Melalui aplikasi ini kita memperoleh wawasan tentang menjaga kebugaran tubuh, agar tetap prima di usia  lanjut.


Jadi, SehatQ bukan hanya untuk pasien yang punya keluhan saja, tapi juga untuk orang-orang yang ingin terus menjaga kesehatan sebagai investasi masa depan.



Tertarik berkonsultasi melalui SehatQ? Cara mendaftar melalui  aplikasi sangat mudah.  Cukup unduh saja di Google Playstore dan AppStore.  Bagi yang memiliki laptop, bisa membuka website di SehatQ.com.


Menggunakan aplikasi ini, kita bebas kuatir dari hoaks.  Informasi yang diberikan akurat, karena berasal dari orang yang ahli. Di sini, ada sekitar 8.000 dokter, mulai dokter umum hingga spesialis, yang terdaftar di IDI (Ikatan Dokter Indonesia).  Mereka berasal dari berbagai rumah sakit seluruh nusantara.



Adapun fasilitas yang tersedia di SehatQ, sebagai berikut :


Chat dokter
Salah satu fitur populer di SehatQ adalah chat dengan dokter. Cara menggunakan fitur ini mudah sekali. Kita tinggal pilih dan klik dokternya, kemudian ketik pertanyaan maksimal 190 karakter.


Setelah pertanyaan selesai diketik, serta tanggal lahir dan nomor telepon sudah diisi, kita akan diarahkan pada pembayaran online sesuai dengan tarif yang tertera.  


Selesai pembayaran, kita kembali ke fitur chat dengan dokter yang sudah online dan langsung menjawab pertanyaan tadi. Kita boleh bertanya-jawab langsung dengan dokternya, sampai menemukan solusi atas keluhan.  


Dari fitur ini, kita bisa terhubung dengan dokter umum hingga dokter spesialis, tanpa menunggu lama. Ada dokter sudah siap sedia online sesuai jadwalnya. Namun, jika ingin berkonsultasi dengan dokter lain, kita bisa menggunakan  fasilitas booking.
  

Semua rekam jejak medis pasien yang pernah konsultasi ke SehatQ tersimpan rapi, bisa digunakan suatu saat jika diperlukan.  Jangan ragu tentang kerahasiaannya. Sesuai etika kedokteran, rahasia pasien terjamin dan terhindar dari bocor pihak yang tak berkepentingan



Video Call
Pasien bisa konsultasi video call dengan dokter sambil bertanya jawab langsung, tanpa dibatasi lokasi selama 24 jam. Ketika kita jauh dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan memadai, video call bisa jadi panduan untuk menemukan solusi atas gangguan kesehatan.


Video chat ini dilayani oleh berbagai dokter spesialis, seperti spesialis kulit, kandungan, kesehatan mental dan sebagainya.




Booking Fasilitas Kesehatan 
Jika dari hasil konsultasi chat atau video call dokter dan ternyata perlu penanganan lebih lanjut, SehatQ menyediakan fitur booking layanan kesehatan. Fasilitas medis yang bisa dibooking sangat lengkap, seperti rontgen, Ultrasoung (USG), kesehatan gigi, hingga berbagai tes darah, di rumah sakit yang sudah disesuaikan dengan lokasi pemilik gadget. 


Konsultasi Covid19
Pandemi belum berakhir, virus Covid masih merebak dan menularkan. SehatQ menyediakan konsultasi, termasuk tanya-jawab isoman dan rapid antigen untuk keperluan perjalanan.


Pasien isoman yang harus tinggal di rumah, bisa berkonsultasi dengan aman dan nyaman bersama tenaga medis dari SehatQ. Dengan chat atau videocall saat isoman, pasien akan mendapat dukungan pemulihan dari paramedis.


Pasien isoman akan diberi arahan agar bisa menjaga kesehatan secara mandiri dari rumah. Kesehatan mereka terus dipantau, termasuk mengarahkan tindakan apa yang perlu diambil agar bisa pulih kembali.


Selain untuk isoman, SehatQ menyediakan informasi tentang sentra vaksinasi Covid19 di lokasi tertentu. Tersedia juga rapid test antigen  dan SWAB test Covid dengan harga yang beragam.


Toko SehatQ
Di Toko SehatQ kita bisa berbelanja berbagai kebutuhan medis mulai dari masker, obat-obatan, hingga alat-alat kesehatan. Harganya bervariaso, bahkan ada yang sedang diskon. Kita punya banyak pilihan produk pada toko ini. Untuk informasi lebih lengkap bisa klik di sini.


Bukan hanya produk yang berkaitan dengan kesehatan, toko SehatQ juga menyediakan beragam kebutuhan, seperti makanan dan minuman, kecantikan, perawatan tubuh, serta keperluan bayi.


Artikel Bebas Hoaks
SehatQ memuat artikel-artikel yang diulas oleh penulis dari kalangan masyarakat biasa, yang sudah malang melintang di dunia kepenulisan. Namun, isi artikel dapat diandalkan karena sudah ditinjau ulang oleh para dokter.  


Artikel tersebut diuraikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat yang masih awam dalam dunia medis.  Isi artikelnyanya beragam dan dekat dengan rutinitas, seperti persiapan vaksin booster, manfaat berdiri untuk kesehatan, hingga bahaya susu kental manis.


Ayo, simak artikel yang dimuat oleh SehatQ, agar bisa menambah wawasan tentang pola hidup sehat.


Aman Bertransaksi Bersama SehatQ

Selama pandemi, penjualan online melonjak tajam sebagai dampak dari pembatasan keluar rumah yang diberlakukan pemerintah. Ketika Covid19 mulai menyebar pada bulan Maret 2020, BPS mencatat ecommerse langsung melonjak hingga 320%. Makanan dan minuman, peralatan kesehatan, gadget, serta kosmetik adalah produk yang paling banyak dibeli.


Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), selama pandemi penjualan produk kesehatan meningkat pesat, terutama pada kuartal II tahun 2020 yang mencapai 14%. 


Situasi ini dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung-jawab untuk meraup keuntungan besar, melalui beragam obat-obat palsu.  Mereka memanfaatkan kelemahan penjualan online, yaitu konsumen tidak bisa memeriksa langsung keaslian produknya.


Para penjual obat-obatan illegal tersebut tidak bisa dilacak keberadaannya, tapi konsumen sudah dirugikan.  Kerugian itu tidak hanya secara materi, tapi juga resiko kesehatan karena mengkonsumsi produk yang tak memenuhi syarat. 


Badan Pengawas Pengobatan (BPOM) mengatakan, sepanjang tahun 2020 penjualan obat illegal meningkat 100% dibandingkan data dari tahun sebelumnya.  BPOM juga menemukan dan sudah menutup sekitar 50 ribu tautan illegal yang menjual obat-obat tak resmi. Karena itu, masyarakat diminta untuk teliti dan berhati-hati, serta selalu membeli obat pada tautan resmi yang sudah ditunjuk pemerintah.




Untuk keamanan masyarakat, pemerintah telah menetapkan persyaratan sertifikasi Penyelenggaraan Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementerian Kesehatan.  PSEF adalah badan hukum yang berada dalam lingkup Kemenkes RI, yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan e-farmasi untuk keperluan dirinya sendiri dan/atau keperluan pihak lain.


Tujuan dari sertifikasi PSEF ini adalah untuk melindungi konsumen agar mendapatkan produk obat-obatan yang aman dan berkualitas, terutama yang dibeli secara online.  Karena tidak bisa bertemu langsung dengan penjualnya, maka melalui PSEF konsumen dijamin mendapat produk farmasi legal.


Adapun syarat-syarat untuk memperoleh sertifikasi PSEF adalah :
  • Memiliki surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari kementerian Informatika
  • Mempunyai akses pengawasan pemerintah
  • Memiliki izin dari Kementerian Kesehatan
  • Memiliki Apoteker penanggungjawab terhadap setiap distribusi obat pada konsumen.

Pada tanggal 15 Desember 2021, SehatQ telah berhasil memperoleh sertifikasi PSEF dari Kementerian Kesehatan RI.  Ini membuktikan kalau produk farmasi yang dijual melalui toko online SehatQ, sudah terjamin dan aman dikonsumsi masyarakat, karena telah diawasi oleh pemerintah.


Jadi, jangan ragu untuk segera bertransaksi di SehatQ.



7 Keunggulan SehatQ

Apa saja keunggulan dari SehatQ?  

1.  Hemat waktu
Melalui aplikasi ataupun website SehatQ, kita tak perlu ikut antri di rumah sakit untuk membooking dokter maupun fasilitas kesehatan lainnya.  Kita juga tak perlu keluar rumah, apalagi terjebak macet.  Waktu, tenaga, serta biaya yang seharusnya digunakan untuk perjalanan ke rumah sakit, bisa digunakan untuk keperluan lain.


Setelah konsultasi online bersama dokter, barulah kita bisa memutuskan apakah perlu penanganan lanjutan, baik berobat jalan atau rawat inap.  Intinya, kita sudah duluan mendapat penjelasan tentang keluhan kita.


2. Konsultasi berbagai tempat dan waktu
Keluhan kesehatan bukan hanya muncul ketika kita sedang duduk santai di rumah.  Saat sedang bepergian, mungkin muncul rasa tidak nyaman pada tubuh.  Karena berada di daerah lain, kita tahu lokasi rumah sakit terdekat.  


Melalui aplikasi SehatQ, kita bisa bertanya langsung pada dokter, hingga tidak jadi overthingking apalagi jadi susah tidur karena kuatir.  Layanan SehatQ tersedia 24 jam, untuk menjawab semua keluhan.


3.  Biaya lebih terjangkau 
Konsultasi di SehatQ dimulai dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp 20.000. Dengan dana tersebut, pasien bisa langsung berkomunikasi dengan dokter umum.  


Jika dari hasil tanya jawab tersebut ternyata perlu penanganan lebih lanjut, maka biaya akan disesuaikan dengan fasilitas yang dipilih pasien.  SehatQ sudah menyediakan informasi lengkap mengenai biaya-biaya perawatan, termasuk lokasi rumah sakit terdekat.


4. Diskon

Sudah terjangkau, kadang-kadang ada diskon lagi. Kalau kita rajin menyimak aplikasi ini, bisa menemukan layanan kesehatan ataupun produk yang sedang didiskon.  Harga-harga yang ditawarkan bisa turun tajam.  Jadi, sering-seringlah melihat aplikasi SehatQ.


5. Kualitas obat terjamin
Ingat, kan, dengan sertifikat PSEF yang sudah diperoleh SehatQ dari Kementerian Kesehatan RI? Sertifikasi ini diberikan hanya pada lembaga-lembaga yang sudah memenuhi syarat menjual obat-obatan.


Tujuan memberikan sertifikat PSEF adalah untuk menjamin kualitas obat yang dijual di SehatQ. Jangan kuatir beli obat di SehatQ, karena yang diberikan kepada masyarakat adalah obat yang resmi.


6. Nyaman untuk anak-anak
Punya anak kecil yang takut ke rumah sakit?  




Saat masih kanak-kanak, saya juga takut ke rumah sakit. Melihat orang-orang berbaju putih dengan bau obat yang khas, rasanya seperti melihat peristiwa horor. Dalam imajinasi seorang anak, saya berpikir para dokter selalu membawa jarum suntik di saku jas putihnya.  


Sekarang saya jadi maklum kalau melihat anak-anak yang menangis dibawa ke rumah sakit, karena dulu juga begitu.  Para orang tua yang jadi repot membujuk buah hatinya agar mau berobat.


SehatQ bisa jadi solusi jika ada keluhan kesehatan anak. Orang tua boleh menanyakan dokter, melalui fitur chat atau video call.  Anak-anak pun bisa nyaman karena tetap berada di rumah, walau sedang berbicara dengan dokter.


Selanjutnya, tinggal mendengar saran dokter, apakah cukup dengan mengkonsumsi obat-obatan saja atau ada penanganan lanjutan.


7.  Tampilan aplikasi dan website yang ramah warna
Warna-warni, walaupun kelihatan hanya sebagai hiasan pemanis pada tampilan layar gadget, tapi memberi efek untuk pengguna.  Menurut Karl Gustav, seorang psikolog kenamaan asal Swiss, warna mempengaruhi emosi, psikologis, hinggap pengambilan keputusan seseorang.




Aplikasi dan website SehatQ didominasi oleh warna biru, putih, dan kuning.  Kombinasi ketiga warna tersebut memberi efek nyaman ketika membaca ulasannya.


Putih memberi arti keterbukaan dan kebersihan, kuning menularkan perasaan bahagia, bersemangat, serta optimis. Sedangkan biru membawa kesan profesional dan dapat dipercaya.


Melalui paduan warna-warni tersebut, disampaikan pesan kalau pengguna aplikasi dan website SehatQ, dapat berkonsultasi dan menyampaikan keluhannya secara terbuka. Pengguna aplikasi percaya jika keluhannya  sudah  ditangani oleh profesional. Mereka juga tetap optimis dan semangat untuk lekas pulih dari masalah kesehatan.


Ayo, unduh aplikasi SehatQ atau buka websitenya.  Solusi hidup sehat sekarang sudah ada di genggaman kita.




Referensi :
1. BPS Catat Penjualan Online Melonjak Tajam Selama Pandemi Corona, https://nasional.kontan.co.id/news/bps-catat-penjualan-online-melonjak-tajam-selama-pandemi-corona


2. Makin Marak Peredaran Obat dan Vitamin Palsu di Masa Pandemi, https://katadata.co.id/safrezifitra/indepth/613897dced0ea/makin-marak-peredaran-obat-dan-vitamin-palsu-di-masa-pandemi


3. Psikologi Warna : Pengertian, Teori, dan Manfaatnya untuk Bisnis, https://epsikologi.com


4. Sepanjang Pandemi Covid19, BPOM : Penjualan Obat Illegal Meningkat 100%, https://nasional.sindonews.com/read/176402/13/sepanjang-pandemi-covid-19-bpom-penjualan-obat-ilegal-meningkat-100-1601021346


5. Canva


6. https://www.sehatq.com/

Komentar

Postingan Populer