Langsung ke konten utama

Unggulan

Dicari, Pemain Bola Berkarakter Kuat dan Tangguh bersama Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022

Pemukiman padat identik dengan anak-anak bermain pada sore hari cerah.  Pekik riang mereka tak bisa diredam oleh situasi yang tak stabil.  Harga-harga barang boleh melonjak, resesi mengancam, politik bisa bergejolak.  Namun tiada yang bisa menghentikan tawa riang mereka.   Mungkin hanya pandemi kemarin yang sempat membuat suasana senyap sementara.  Setelah virus mulai mereda, kegembiraan mereka kembali menyeruak di antara tembok-tembok perumahan. Pemukiman menjadi sunyi jika tak ada bocah seliweran. Permainan yang paling sering dilakoni anak-anak, terutama pria, adalah sepak bola. Entah itu di gang sempit atau perumahan dengan lapangan luas, si bundar selalu mampu menerobos lingkungan warga. Melalui tendangan kaki atau sundulan bola, para bocah itu menunjukkan kreativitasnya mengiring bola hingga sulit direbut lawan. Sepak bola sudah menjadi olahraga favorit di tanah air. Setiap pertandingan kejuaraan mulai dari kelas lokal hingga global, dipenuhi penggemar fanatik. Klub-klubnya berteb

Selain Manis dan Segar, Semangkuk Es Campur Bermanfaat untuk Kesehatan


Sumber : Dok. Pribadi

 

    Akhir pekan tiba. Bagaimana kalau bersantai sambil mencicipi es campur? Bermula dari obrolan teman-teman lama di grup WA tentang tempat nongkrong es campur yang oke, jadi penasaran untuk membuktikan ucapan mereka.  Ada tempat jualan es campur yang lagi jadi buah bibir.  Kayak apa, sih, tempatnya kok sampai heboh gitu? Jadi ingat dulu punya langganan es campur yang menggunakan gerobak dorong.  Sederhana tempatnya, tapi, jangan ditanya jumlah pelanggannya. Butuh niat kuat untuk sabar menunggu giliran.

    Akhirnya, untuk menjawab penasaran, saya datangi tempat itu.  Suasananya  juga sederhana dengan bangunan dan kursi-kursi kayu.  Beruntung masih sepi ketika saya datang.  Namun, baru lima belas menit duduk, orang-orang mulai berdatangan dan kedai mulai penuh. Bahkan ada yang rela berdiri menunggu giliran duduk.  Belum termasuk abang-abang ojek online yang antri menunggu giliran membeli pesanan pelanggan.

    Setelah mencicipi, ternyata benar juga. Seperti namanya, es campur mengaduk-aduk perasaan dengan rasa yang segar.




Diedit oleh Canva


Sejarah Es Campur
    Ibarat menulis cerpen, kalau ditanya bagaimana karakter es campur, maka jawaban saya adalah es campur itu manis, berwarna-warni dan ceria. 

    Es campur enak dinikmati bersama teman atau kerabat.  Biasanya disajikan pada pesta-pesta, arisan, atau sekedar kumpul-kumpul.  Rasa manis pada es campur mungkin menular ke hati orang yang mengkonsumsinya.  Asyik kalau meminumya sambil ngobrol ramai-ramai sama teman.

    Ada banyak istilah es campur, sebut saja es teler, es doger, es oyen (di Bandung), es podeng, sampai es dawet.  Nama boleh beda, isinya pun tidak selalu sama persis.  Namun, minuman-minuman di atas punya persamaan, yaitu terdiri dari santan, gula, dan es.  Tambahan bahan-bahan lain di dalamnya tergantung pada kreativitas penjual.

    Masih bersaudara dengan es teler, menurut cerita sejarah es campur dimulai dari pasangan suami istri Tukiman Darmowiyono dan Sarmijem Darmowiyono. Sampai sekarang keluarga keturunan Tukiman dan Samijem masih mengurus bisnis es teler legendaris ini.  Kedai mereka berlokasi di kawasan Metropole, Megaria, Cikini, dengan nama Es Teler Mulia Sari Asli.

    Kedua orang ini dipercaya sebagai peracik pertama es campur dan kerabatnya.  Tahun 1967, pasangan suami istri ini datang  ke Jakarta dan sempat bekerja serabutan.

    Awalnya mereka hanya berjualan es campur buatan Samijem yang laku keras.  Minuman ini laris manis di kalangan mahasiswa.  Baru tahun 1976 es teler mulai dijual dengan racikan alpukat nangka dan kelapa muda.  Dan jadi buah bibir di kalangan mahasiswa UI.  Sejak itu minuman ini banyak ditiru dan dijual orang lain.  Bu Samijem sendiri tidak keberatan karena percaya setiap orang sudah punya rezeki masing-masing.

    Bu Samijem mungkin boleh disebut pahlawan kuliner, ya.  Selain bermurah hati membagi resep racikannya, ide beliau juga membuka mata pencarian pada masyarakat.  Sekarang resep es campur sudah menyebar ke banyak daerah.  Tak terhitung berapa tenaga kerja yang sudah dihasilkan dari warung-warung es campur.



Sumber : Dok. Pribadi




Dua Sisi Es Campur
    Seperti manusia, sempat muncul isu miring yang beredar seputar es campur. Ada yang mengatakan es campur bisa menyebabkan gangguan kesehatan.  Gula yang terkandung di dalamnya bisa memicu diabetes.  

    Sebenarnya, semua kembali ke orangnya.  Segala sesuatu yang berlebihan, hasilnya jadi kurang baik.  Banyak minum gula, apalagi jarang gerak, bisa berakibat buruk untuk kesehatan di masa depan.

    Tahu begitu, saya enggan rebahan lama setelah minum semangkuk es campur. Setelah saya mengkonsumsi, rasanya memang kenyang sekali.  Perut seperti penuh, belum selera lagi mengkonsumsi makanan lain. Saat itu, mumpung masih sore, saya sempatkan jalan-jalan kaki dulu sekeliling rumah.  Lumayan juga, rasa kenyang di perut perlahan-lahan berkurang.  


    Intinya, bijaksanalah dalam mengkonsumsi makanan dan minuman kita sehari-hari.

    Di samping isu miring yang muncul, ternyata ada manfaat yang diperoleh dari es campur.  Bahan-bahan yang diaduk di dalamnya, membawa dampak positif untuk tubuh.


Diedit oleh Canva


Manfaat bahan-bahan es campur untuk kesehatan :
1. Cincau Hitam
    Sesuai namanya, makanan ini berwarna hitam dan berbentuk kubus. Berasal dari tepung sagu dan tapioka, diolah dengan cara direbus agar berbentuk gel. Fungsinya bisa untuk menyembuhkan diare, konstipasi, dan menetralkan kolesterol, hingga memulihkan panas dalam.

2. Kolang-kaling
    Buah yang paling banyak dicari menjelang perayaan hari besar, seperti lebaran dan tahun baru.  Berasal dari buah pohon aren yang sudah dibakar atau direbus.  Kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan, vitamin C, kalsiun dan zat besi.  Untuk yang mengalami radang sendi, cocok sekali mengkonsumsi buah ini.

3.  Santan 
    Kerap dituding sebagai sumber kolesterol. Padahal, walaupun mengandung lemak cukup tinggi, lemak santan adalah jenis nabati yang sehat.  Tidak mengandung kolesterol jahat (LDL), santan justru memiliki vitamin B dan antioksidan yang tinggi.  Artinya santan dipercaya diperkuat sistem imun tubuh melawan infeksi.  Santan juga baik untuk menjaga kesehatan otak dan sumber energi.

4. Gula Merah
    Meski dituding sebagai penyebab diabetes, mengkonsumsi gula dalam batas normal membawa manfaat bagi tubuh.  Gula merah dipercaya meningkatkan energi, jadi wajar saja mengkonsumsi es campur akan mengenyangkan.  Gula merah juga membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan nyeri perut.  Kalau ingin menambah kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium, bolehnya mengkonsumsi gula merah. Ambillah secukupnya agar tak mengganggu kesehatan di masa depan.

    Ingin akhir pekan berkesan bersama teman-teman, rencanakan saja acara kumpul-kumpul di warung es campur terdekat.  Kebanyakan warung es campur memang tampak sederhana, kalah jauh dari tempat nongkrong di mal.  Namun, kalau rasanya bersaing, tampilan bisa jadi nomor sekian.









Sumber : 
Detikfood, Manis Segar Es Campur yang Masih Eksis dan Disukai Millenial, ditulis oleh Devi Setya, diakses tanggal 18 November 2021 pukul 19.18 WIB.

Detikfood, Tukiman dan Samijem Peracik Es Teler Pertama di Indonesia, ditulis oleh Devi Setya, diakses pada tanggal 18 November 2021 pukul 19.18 WIB.

Linisehat.com, Yuk, Intip Kandungan Gizi pada Es Campur!, ditulis oleh Aghniya Rifdah, diakses pada 18 November 2021 pukul 20.02 WIB.

Alodokter.com, Tak Berbahaya, Kenali Manfaat Santan Lebih Dekat, diakses !8 November 2021 pukul 20.09.

klikdokter.com, Manfaat Sehat Gula Merah yang Jarang Diketahui, ditulis oleh dr. Adeline Jaclyn, diakses tanggal 18 November 2021 pukul 20.19.


Komentar

Postingan Populer