Langsung ke konten utama

Unggulan

Satu Cara untuk Mengetahui Karakter Asli Seseorang

Walaupun agak susah-susah gampang, penting bagi kita mengetahui karakter asli seseorang, agar tahu bagaimana cara bersikap dengan individu yang baru dikenal.    Masalahnya, mengenal sifat rekan atau teman bukanlah proses yang cepat dan mudah, apalagi karakter rentan untuk dimanipulasi. Penampilan dan tutur kata yang terlihat memukau, tidak menjamin sifatnya juga berkilau.    Orang yang kelihatan ramah dan bersahabat, belum tentu jujur.   Demikian sebaliknya, pribadi yang tampak kasar atau acuh, bukan berarti watak yang rumit dan tidak bisa diajak bekerja sama. Tampilan luar dari individu tidak selalu mencerminkan karakter aslinya . Jadi, bagaimana meneropong karakter asli?  Ada satu cara yang sejak dulu sering dipergunakan untuk melihat kepribadian tulen dari kenalan kita. Cara ini jarang gagal dan terbukti bisa mengeluarkan tingkah laku tertentu yang umumnya disimpan rapi. Kalimat bijak mengatakan, jika ingin melihat perilaku asli seseorang maka berikanlah dia sejumlah uang . Begitu d

Berdiri Selama 53 tahun, PT Semen Tonasa Ikut Memberi Kontribusi pada Masyarakat




Uraian Singkat PT Semen Tonasa

    Berlokasi di Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, lebih kurang 68 kilometer dari Makassar, PT Semen Tonasa menempati lahan seluas 715 hektar.  Sebagai produsen semen terbesar di Indonesia Timur, perusahaan ini memiliki empat unit pabrik, yaitu Pabrik Tonasa II, III (masing-masing kapasitas 590.000 ton), IV berkapasitas (2.300.000 ton), dan V (2.500.000 ton). 

    Dulu, ada Tonasa I yang beroperasi dengan kapasitas 120.000 ton pertahun.  Namun, diberhentikan kegiatan operasionalnya pada tahun 1984 karena alasan ekonomi.

    Pandemi Covid19 telah menggoncangkan sendi-sendi perekonomian, hingga banyak perusahaan yang terpuruk. Berbeda dengan PT Semen Tonasa, permintaan ekspor semen  hingga saat ini  justru mengalami pertumbuhan. Peningkatan kapasitas produksi ke konsumen tetap dilakukan dengan maksimal.  Perluasan cakupan pasar ekspor terus dijajaki setelah melihat angka peningkatan penjualan ke Timor Leste, Filipina, Bangladesh, dan Australia.  Negara Fiji juga sudah masuk target pasar untuk masa yang akan datang.

    Setelah pandemi mulai melandai, tingkat ekspor ke mancanegara terus meningkat. Seperti permintaan ke Timor Leste cenderung menanjak di bulan April melanjut ke Mei, sampai sekarang.  Demikian pula dengan ekspor ke Australia, China, Bangladesh, Taiwan, Filipina, yang tumbuh mencapai 100%.

    Agar tak ketinggalan dalam menghadapi pasar global, PT Semen Tonasa mulai melakukan terobosan sistem digitalisasi.  Tujuannya agar lebih mudah menembus pasar ekspor.  Misi ini menjadi faktor pendorong pembenahan manajemen yang berkesinambungan, sehingga perusahaan semakin kokoh menuju pasar dunia.





Sejarah PT Semen Tonasa

    Jenderal M. Yusuf, putera Sulawesi Selatan yang berasal dari Bone, adalah pelopor pembangunan PT Semen Tonasa.  Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada tahun 1964.  Pada tanggal 2 November 1968, sang jenderal meresmikan Pabrik Semen Tonasa.

    Tidak sedikit tantangan yang dihadapi ketika awal berdiri, mulai dari sumber dana yang sempat tersendat, hingga ancaman keamanan. Keadaan seluruh Indonesia saat itu sedang bergolak.  Kerusuhan terjadi di mana-mana.  Orang-orang saling mencurigai dan rasa aman sangat rapuh.  Masa depan politik Indonesia masih kabur.  Masyarakat bingung dan takut dengan gejolak yang terjadi di negara ini.


    

    Dalam situasi demikian, wajar kalau banyak yang ragu mendirikan usaha, apalagi mendirikan perusahaan berskala besar.  Akan tetapi,  Jenderal M. Yusuf tetap kokoh pada rencana yang sudah disepakati, hingga pembangunan PT Semen Tonasa terus dilanjutkan. Semen adalah kebutuhan masa depan yang mendukung pembangunan infrastruktur.  Mulai dari pembangunan jembatan hingga rumah-rumah masyarakat, semua membutuhkan semen. Selanjutnya, infrastruktur akan mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

    Di tengah situasi politik yang memanas, misi terus dilaksanakan. Setelah diresmikan, keadaan Sulawesi Selatan mengalami kekacauan sebagai imbas konflik politik.  Namun, berkat ditopang keamanan dari Jenderal M. Yusuf, pembangunan tetap berjalan tuntas. Hasilnya, setelah 53 tahun, PT Semen Tonasa masih kokoh berdiri sebagai salah satu perusahaan kebanggaan anak bangsa.

    Selain jaminan keamanan, Jenderal M. Yusuf juga berjasa sebagai pendukung sumber dana.  Beliau membuka jalan bagi perolehan dana kredit dari Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), untuk memperlancar biaya pembangunan.

   

 



Kontribusi PT Semen Tonasa untuk Masyarakat Sekitar

    Usaha yang digeluti lebih mendapat berkah apalagi membawa manfaat untuk warga yang bermukim di sekitarnya.  PT Semen Tonasa enggan hanya berdiam diri dan mau membantu, ketika melihat ada peluang untuk meringankan beban sesama.  Gotong-royong adalah ciri khas masyarakat Indonesia sejak dulu.  Sampai sekarang, kearifan lokal ini tetap dijaga dalam bermasyarakat.  Perusahaan ini juga mengadopsi nilai kearifan yang sama.

    Adapun kontribusi yang pernah dilakukan PT Semen Tonasa untuk masyarakat adalah:

1.  Kegiatan Donor Darah Rutin

    Orang-orang sedang sakit memerlukan donor darah dalam proses penyembuhan.  Kantong-kantong selalu dibutuhkan, namun terkadang persediaannya terbatas. Donor darah adalah kegiatan kemanusiaan yang  membantu banyak jiwa.  Jika tersedia kantong darah, maka ada nyawa yang terselamatkan.

    Kerjasama antara Medical Center Semen Tonasa dan PMI kota Makassar rutin menggelar donor darah bulanan. Kegiatan ini diikuti oleh karyawan Semen Tonasa yang memenuhi syarat kesehatan.  Selain menolong orang lain, para pendonor darah juga menjaga kesehatannya pribadi.  Mendonorkan darah berarti berfungsi ganda, yaitu menolong orang lain dan diri sendiri



2. Membuat Budidaya Ikan Nila Teknologi Bioflok

    Tehnik bioflok adalah tehnologi budidaya ikan dengan cara rekayasa lingkungan, yang memanfaatkan pasokan oksigen dan mikroorganisme.  Tehnik ini populer di kalangan peternak ikan karena mampu meningkatkan produktivitas.  Lahan yang dibutuhkan pun tidak luas, lebih hemat air dan pakan, serta masa panen lebih cepat.  

    Program ini dikembangkan oleh PT Tonasa Tour & Travel (3T), yaitu perusahaan cabang Semen Tonasa.  Kegiatannya sendiri dimulai bulan Maret 2020 dengan merubah bekas tambang menjadi budidaya ikan.  Untuk budidaya ini, dipilihlah jenis ikan nila dengan teknologi pembudidayaan bioflok.

    Tehnik bioflok bertujuan agar produktivitas ikan meningkat, membantu ekonomi para peternak, juga menambah sumber gizi bagi masyarakat.




3. Membantu Masyarakat yang Terkena Bencana Alam
    Semen Tonasa mendukung kegiatan kemanusiaan termasuk korban bencana alam. Salah satu kegiatan yang baru dilaksanakan adalah membantu penanganan banjir bandang yang terjadi di Masamba, Kabupaten Luwu Utara.  Saat itu, curah hujan yang tinggi selama dua hari, menyebabkan Sungai Masamba, Rongkan, dan Sungai Rada meluap. Banyak rumah masyarakat yang terendam banjir, sehingga mereka terpaksa mengungsi.
    Dalam situasi demikian, PT Semen Tonasa ikut mengulurkan bantuan untuk membantu warga yang terdampak.  Bantuan diberikan untuk meringankan kebutuhan masyarakat di pengungsian ini, diadakan pada tanggal 16 Juli 2020.  Kiranya dengan uluran tangan ini, penduduk yang terdampak bisa tetap sehat dan kuat melewati bencana.





3.  Peduli Dunia Pendidikan 
    Bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar, PT Semen Tonasa bekerja sama menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
    Direktur Utama PT Semen Tonasa Subhan telah menandatangani nota kesepahaman dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas Prof. DR. Abd. Rahman Kadir.  Bertempat di lantai 6 Kantor Pusat PT Semen Tonasa, kegiatan ini disepakati pada hari Senin tanggal 5 Oktober 2020.
    Tujuan kerjasama ini adalah untuk membangun hubungan kuat antara lembaga pendidikan dan perusahaan.  Melalui kesepakatan ini, lembaga pendidikan bisa meningkatkan kualitas para lulusannya, karena dunia kerja berbeda dengan kampus. Mahasiswa bisa membandingkan lingkungan kampus dan dunia pekerjaan.  Mutu para mahasiswa juga lebih terjaga karena ada riset dan penelitian yang didukung oleh PT Semen Tonasa.
    Sebaliknya, lembaga pendidikan juga terbuka kerjasama dengan BUMN, yaitu tidak hanya magang, tetapi boleh mengajar sebagai dosen.  Memiliki dosen-dosen yang berpraktek langsung di lapangan, tentu akan menambah wawasan mahasiswa.  Para dosen bisa membagi pengalamannya, sehingga pengetahuan mahasiswa tidak hanya terpaku pada isi buku.






4.  Ikut Serta dalam Mendukung Donor Plasma Konvalesen.
    Terapi plasma konvalesen adalah plasma darah donor dari orang-orang yang sebelumnya sudah sembuh dari Covid19.  Di dalam darah mereka, terdapat antibodi yang cukup untuk membasmi virus Corona, serta efektif diberikan pada pasien dengan gejala berat. Di masa pandemi ini, plasma konvalesen banyak dicari keluarga dari penderita Covid19.  Orang-orang dengan penyakit komorbid pun bisa dipertimbangkan untuk memakai terapi ini.
    Ketika Kementerian BUMN mengadakan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen, PT Semen Tonasa turut serta.  Dua orang karyawannya lolos dalam program donor plasma BUMN.  Acara yang digelar pada tanggal 8 Februari 2021 ini, digelar secara serentak di 15 provinsi dan ditayangkan secara online di 34 propinsi.







Harapan untuk PT Semen Tonasa di Usia Ke-53

    Usia ke-53 adalah lambang kematangan serta pengalaman dalam mengarungi waktu.  Ibarat manusia, sudah banyak asam garam yang dilewati dengan pahit, manis, serta getir kehidupan.  Semua peristiwa  yang dilalui bisa menjadi pelajaran untuk mengarungi masa depan.
    Di usia yang semakin matang, PT Semen Tonasa sebagai salah satu korporasi BUMN besar di Indonesia diharapkan agar :

1.  Tetap Sukses dan Terus Berdiri Kokoh Sebagai Kebanggaan Anak Negeri.
    Pasca pandemi, ekonomi diprediksi kembali bergulir dan pembangunan infrastruktur dilanjutkan.  Pembangunan sarana publik seperti jembatan, jalan, properti mulai dari apartemen hingga perumahan subsidi, terus meningkat.  Semen menjadi kebutuhan primer agar pembangunan tersebut tetap berkesinambungan.
    PT Semen Tonasa hendaknya terus meningkatkan kualitas produk, sistem manajemen dan pemasaran yang mampu bersaing, juga menjaga kepuasan pelanggan atas pelayanan penjualan yang tepat waktu.  Perusahaan mampu memenuhi kebutuhan pasar, tidak hanya secara regional, tetapi juga hingga mancanegara.  Menguasai pasar adalah salah satu visi perusahaan agar tetap berkesinambungan berproduksi, serta kokoh melewati waktu.
    Di balik kesuksesannya, perusahaan juga bisa membuka banyak lapangan kerja untuk masyarakat.  Banyak putera-puteri bangsa yang turut ikut dalam menjalankan roda perusahaan. Orang-orang terpilih ini, menyumbangkan keahlian mereka untuk kemajuan PT Semen Tonasa. Sebaliknya, dengan bekerja si perusahaan, mereka mampu meningkatkan perekonomian keluarga.
 
2.  Senantiasa Peduli pada Masyarakat

    Perusahaan dan masyarakat selama ini sudah hidup damai berdampingan.  PT Semen Tonasa juga telah menunjukkan kepedulian sosial pada penduduk, seperti membantu warga yang terkena bencana, hingga membuat budidaya ikan bioflok. Problem yang terjadi di masyarakat, mengetuk perusahaan untuk ikut meringankan beban mereka.
    Tidak semua problem yang muncul di masyarakat, bisa langsung cepat ditangani pemerintah.  Tentu lebih cepat jika ada badan usaha setempat yang segera turut menangani masalah tersebut.  Sebagai salah satu perusahaan BUMN, hendaknya PT Semen Tonasa ikut memperhatikan kesejahteraan penduduk sekitar.  
    Masyarakat setempat dan perusahaan ibarat hidup bertetangga, yaitu jadi tempat pertolongan pertama jika memerlukan bantuan.  Keakraban sering terjalin dari tetangga dekat, bukan dari saudara yang berjauhan.


Perlu Semen untuk Pembangunan?  Silahkan Hubungi Call Center PT Semen Tonasa
    Yuk, ikut mendukung produk-produk PT Semen Tonasa agar terus beredar luas di pasaran.  Siapa saja yang butuh semen, mulai dari proyek besar hingga perumahan pribadi, bisa menghubungi call center PT Semen Tonasa di bawah ini.





        
    Mengapa memilih Semen Tonasa?

  1. Sejak tahun 1968, produknya sudah diakui kokoh, kuat, dan terpercaya.
  2. Terjamin sebagai produk semen terbaik dan terbesar di kawasan Indonesia Timur.
  3. Menggunakan standar SIG (Sistem Informasi Geografis), termasuk dalam teknologi, alat-alat, dam material.
  4. Sudah digunakan untuk membangun berbagai jenis bangunan
  5. Hasil sudah terbukti,, dengan harga bersaing Semen Tonasa pasti melekat dan tidak retak.
  6. Sudah memenuhi standar SNI

    Bersama kita dukung perusahaan anak bangsa agar jadi tuan rumah di negeri sendiri, bahkan hingga merambah mancanegara.

    Akhir kata, Selamat Ulang Tahun ke-53 untuk PT Semen Tonasa.  Kiranya taburan semen yang disalurkan ke berbagai tempat, mampu membuat hutan-hutan beton yang bermanfaat untuk hidup orang banyak.















Komentar

  1. Dirgahayu semen tonasa,,
    Makasy infonya kakak

    BalasHapus
  2. 53 tahun bukan bilangan angka yg kecil. Pasti banyak perjuangan yg dilalui, pun pencapaian demi pencapaian yg dihasilkan. Selamat Ulang Tahun Semen Tonasa. Semoga semakin bersemangat dalam membangun negeri 😊❤

    Btw thank untuk ulasannya mba 🙏

    BalasHapus
  3. Waah pabrik semen tidak hanya tiga roda dan semen gresik, ya.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Sukses selalu Semen Tonasa, semoga semakin kokoh membangun bangsa

    BalasHapus
  6. Sukses selalu buat semen tonasa jaya terus

    BalasHapus
  7. MasyaAllah, ternyata ada lagi ya pabrik semen besar di Indonesia. Dirggahayu Semen Tonasa, smeoga makin berkibar dan kontributif.

    BalasHapus
  8. Bahan baku semen kan batu gamping ya, didatangkan dari daerah mana batuannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembahasan itu di lain waktu, ya, Mbak. Tulisan ini difokuskan saja dalam rangka memperingati HUT-53 PT Semen Tonasa. Kalau semua dibahas, blog-nya jadi kepanjangan.

      Hapus
  9. Tulisan runut sekali membuat kita jadi punya pengetahuan baru tentang Semen Tonasa bahkan di kondisi Covid-19 saat ini.

    BalasHapus
  10. Bisa bertahan sampai 53 tahun dengan kontribusi yang baik di masyarakat sangat luar biasa

    Semoga kedepannya Semen Tonasa tetap bisa memberikan kontribusi untuk perbaikan kehidupan masyarakat dengan lebih maksimal

    BalasHapus
  11. Salam kenal...
    Mantap tulisannya.. seperti bukan tulisan pemula.. sudah bisa mengiklankan produk..... dirgahayu semen tonasa... ewako

    BalasHapus
  12. Tulisannya benar-benar informatif, detail dan rinci, ... happy birthday semen Tonasa, semoga semakin membumi ...

    BalasHapus
  13. Informatif. Saya jadi tahu profil lengkap semen Tonasa. Good job Mbak menambah wawasan bagi yang membaca.

    BalasHapus
  14. Selamat ulang tahun untuk PT Semen Tonasa. Semoga makin sukses.
    Sukses selalu juga untuk Kakak penulis artikel ini. :)

    BalasHapus
  15. Sukses terus semen tonasa, perusahaan anak negeri. Bertabur manfaat bagi masyarakat sekitar

    BalasHapus
  16. Dirgahayu semen tonasa semangat membangun negeri

    BalasHapus
  17. Keren sekali CSR-nya Semen Tonasa.
    Semoga sumbangsihnya terus berkelanjutan, demi kemaslahatan masyarakat.

    BalasHapus
  18. Baru dengar pt semen ini. Keren juga kegiatan sosialnya 👍🏻

    BalasHapus
  19. Sumbangsih yang luar biasa bagi masyarakat. Patut dicontoh perusahaan lain. Oleh kita juga, lakukan dari hal yang kecil.

    BalasHapus
  20. Barokallohu Semen Tonasa
    Sukses selalu, semoga jadi ladang pahala yang berlipat

    BalasHapus
  21. Bangga sekali bangsa ini punya eksportir barang baku bangunan ke luar negri. Ini berarti hasil produksi dalam negri pun berkualitas baik. Sukses selalu untuk PT Semen Tonasa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer